In-depth

Resmi ke World Tour Finals 2019, Pembuktian Hafiz/Gloria di Hong Kong Open

Selasa, 12 November 2019 10:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© PBSI
Ganda campuran bulutangkis Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang baru saja resmi ke World Tour Finals 2019 akan langsung diuji kemampuannya di Hong Kong Open 2019. Copyright: © PBSI
Ganda campuran bulutangkis Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang baru saja resmi ke World Tour Finals 2019 akan langsung diuji kemampuannya di Hong Kong Open 2019.

INDOSPORT.COM - Ganda campuran bulutangkis Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang baru saja resmi ke World Tour Finals 2019 akan langsung diuji kemampuannya di Hong Kong Open 2019.

Hafiz/Gloria akan memainkan babak pertama Hong Kong Open 2019 menghadapi Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya di Hong Kong Coliseum, Hong Kong, Selasa (12/11/19) hari ini dengan perkiraan di pukul 16.00 WIB.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja tentu saja punya ambisi besar di Hong Kong Open 2019, guna membuktikan mereka memang layak mewakili Indonesia di World Tour Finals 2019.

Hafiz/Gloria akhirnya mampu merebut tiket ke World Tour Finals 2019 setelah mendapat bantuan tak langsung dari kekalahan ganda campuran Malaysia, Soon Huat Goh/Shevon Jemie Lai dalam pertandingan melawan wakil China, Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong di semifinal Fuzhou China Open.

Di babak tersebut, Huat/Lai memang kalah telak 16-21 dan 10-21 dari pasangan China. Dengan hal ini, ganda campuran Malaysia itu tidak mampu mengejar poin Hafiz/Gloria di ranking HSBC Race to Guangzhou dan otomatis memberi kesempatan bagi wakil Indonesia tersebut untuk lolos ke WTF.

Meski sudah lolos dan akan mewakili di World Tour Finals di Guangzhou pada Desember mendatang, Hafiz/Gloria tentu tak boleh terlena. Lawan-lawan yang akan mereka hadapi nantinya tentu akan sangat berat.

Pasalnya para pebulutangkis terbaik dari berbagai negara akan saling sikut di turnamen final World Tour tersebut. Seperti maksimal dua pemain/pasang dari berbagai negara, diambil dari 8 besar ranking BWF World Tour.

Bisa dibayangkan seperti apa lawan-lawan yang bakal dihadapi oleh Hafiz/Gloria untuk nomor ganda campuran di World Tour Finals 2019.

Oleh karena itu Hafiz/Gloria harus benar-benar serius menghadapi semua lawan di Hong Kong Open 2019. Yang pertama adalah Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya yang sudah siap menghadang mereka di babak pertama turnamen ini.

Hafiz/Gloria vs Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya

Jika dilihat dari ranking BWF, jelas pasangan Hafiz/Gloria dan Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya punya jarak peringkat yang sangat jauh.

Wakil Chinese Taipei itu berada di peringkat ke-22 ranking BWF, sementara Hafiz/Gloria berada di urutan ke-8 (alasan yang membuat mereka resmi ke World Tour Finals 2019).

Tapi jangan salah, Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya baru saja naik tiga peringkat karena penampilan mereka di turnamen terakhir, yaitu Macau Open 2019. Mereka berhasil menjadi finalis, sebelum dikalahkan oleh wakil Thailand di babak final.

Bahkan dalam perjalanan menuju final Macau Open, Wang/Cheng menaklukkan lawan yang akan dihadapi sore nanti, yaitu Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dengan skor 22-20, 28-26.

Pada pertengahan Oktober 2019 kemarin, Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya bahkan berhasil menembus semifinal Denmark Open sebelum dikalahkan oleh ganda campuran Indonesia lainnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Tapi uniknya, Hafiz/Gloria dan lawannya nanti itu punya kesamaan. Yaitu mereka sama-sama jeblok di turnamen terakhir, Fuzhou China Open 2019.

Hafiz/Gloria disingkirkan oleh wakil China, He Ji Ting/Du Yue dengan skor 18-21, 14-21 di babak pertama. Sementara Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya takluk di babak kedua menghadapi wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan skor 14-21, 23-25.

Secara statistik head to head, Hafiz/Gloria vs Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya baru bertemu dua kali. Hafiz/Gloria menang German Open 2019, Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya menang di Macau Open 2019.

Meski belum terlalu sering menghadapi lawannya di babak pertama, kemenangan harus diraih oleh Hafiz/Gloria di Hong Kong Open nanti, guna membuktikan mereka pantas mewakili bulutangkis Indonesia di World Tour Finals 2019 mendatang.