Berkat 'Bantuan' Fajar/Rian, Malaysia Bisa Punya Wakil Ganda Putra di WTF

Selasa, 19 November 2019 13:01 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) bisa melaju ke BWF World Tour Finals 2019 berkat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) bisa melaju ke BWF World Tour Finals 2019 berkat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

INDOSPORT.COM – Malaysia berpeluang meloloskan wakilnya di nomor ganda putra BWF World Tour Finals 2019. Hal itu tidak lepas dari ‘bantuan’ pasangan muda Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebenarnya masuk dalam delapan besar ganda yang lolos ke BWF World Tour Finals. Namun, regulasi BWF hanya bisa meloloskan dua wakil dari satu negara. Hal ini membuat Aaron Chia/Sooh Woi Yik atau Goh V Shem/Tan Wee Kiong bisa melaju.

Namun, dari keduanya, Aaron Chia/Sooh Woi Yik akan menempuh jalan yang lebih mudah untuk bisa lolos ke World Tour Finals. Mereka hanya butuh melaju ke perempatfinal turnamen Korea Masters yang digelar pada pekan ini.

Sedangkan, langkah Goh V Shem/Tan Wee Kiong jauh lebih berat. Mereka harus menjuarai Korea Masters 2019. Jika meraih juara pun, Goh/Tan masih harus berharap Aaron/Chia tersingkir di babak pertama.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Badminton Talk (@badmintalk_com) on

Di samping keduanya, Lu Ching Yao/Yang Po Han (China Taipei) juga akan memastikan satu tempat di WTF. Namun, mereka hanya butuh lolos ke babak kedua Korea Masters 2019. Oleh karenanya, Malaysia diperkirakan hanya akan mengirim satu wakil.

Sejauh ini, Malaysia baru pasti mengirimkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying ke World Tour Finals. Ganda campuran andalan Malaysia itu bisa menempati posisi pertama ranking WTF jika menjuarai Korea Masters.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, jumlah wakil Malaysia di BWF World Tour Finals tak lebih baik. Indonesia mengirimkan dua wakil di sektor ganda putra, tunggal putra, ganda campuran, serta satu di ganda putri.

1