Kerajaan Arab Saudi Ingin Gelar Lebih Banyak Turnamen Tenis Internasional

Kamis, 28 November 2019 19:25 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Matthew Stockman/Getty Images
Daniil Medvedev dan Stan Wawrinka akan mengikuti turnamen tenis internasional pertama di Arab Saudi. Copyright: © Matthew Stockman/Getty Images
Daniil Medvedev dan Stan Wawrinka akan mengikuti turnamen tenis internasional pertama di Arab Saudi.

INDOSPORT.COM – Kerajaan Arab Saudi melalui Ketua Otoritas Olahraga Umum (GSA) Arab Saudi Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al Saud mengaku ingin menggelar lebih banyak turnamen tenis berskala Internasional.

Dengan akan bergulirnya Piala Tenis Diriyah pada 12 hingga 14 Desember mendatang, Pangeran Abdulaziz berharap turnamen ini akan menjadi awalan yang baik untuk masa depan tenis di Arab Saudi.

“Kami ingin menyelenggarakan tenis internasional di Kerajaan setiap tahun. Kami ingin menunjukkan kemampuan kami dalam menyelenggarakan acara tenis internasional sebesar ini yang berhasil,” pungkas Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al Saud seperti dikutip melalui Tennisworldusa.

“Ini adalah awal dari era baru untuk tenis di kerajaan dan kami meramalkan turnamen tumbuh dan menjadi bagian dari masa depan Arab Saudi dalam olahraga,” tambahnya.

Nantinya, Piala Diriyah Cup akan menjadi panggung bagi delapan pemain tenis kelas dunia untuk saling bertarung dan memperebutkan total hadiah sebesar 3 juta dolar AS atau setara dengan Rp42,5 miliar. Turnamen ini juga diadakan di Diriyah Arena yang dibangun khusus di jantung Situs Warisan Dunia UNESCO.

Hingga saat ini, enam pemain sudah dikonfirmasi kebersediaannya adalah Daniil Medvedev, Stan Wawrinka, Fabio Fognini, John Isner, David Goffin, dan Lucas Pouille.

Dengan hadirnya turnamen level dunia itu, HRH Pangeran Abdulaziz juga berharap hal ini menjadi pemantik semangat dan menginspirasi pemain tenis dari negaranya sendiri.

Masih melalui sumber yang sama dirinya berharap akan ada pemain Arab Saudi yang meraih gelar paling bergengsi, yakni Grand Slam.

“Dengan membawa delapan pemain terbaik ke turnamen pertama ini, Arab Saudi akan menempatkan talenta muda kita, penggemar tenis pria dan wanita kita dalam paparan langsung tenis dengan standar global,” ujar Pangeran Abdulaziz.

“Itu akan menjadi kesempatan bagus bagi petenis kami yang ingin belajar secara baik. Ini bisa berdampak untuk mereka agar bisa mulai mengembangkan diri secara profesional untuk mencapai standar di masa depan, sehingga menjadi bagian dari grand slam di seluruh dunia,” tambahnya.

Penulis: Ergian Pinandita