Kalahkan Ganda Senior Thailand, Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi Raih Emas SEA Games 2019

Sabtu, 7 Desember 2019 16:17 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© tennisindonesia.com
Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi meraih emas SEA Games 2019 usai mengalahkan pasangan Thailand, Sanchai Ratiwatana/Tamarine Tanasugarn, Sabtu (7/12/19). Copyright: © tennisindonesia.com
Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi meraih emas SEA Games 2019 usai mengalahkan pasangan Thailand, Sanchai Ratiwatana/Tamarine Tanasugarn, Sabtu (7/12/19).

INDOSPORT.COM – Tim tenis Indonesia merebut medali emas ketiga di SEA Games 2019. Kali ini, giliran Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi yang menjadi juara usai mengalahkan pasangan senior Thailand, Sanchai Ratiwatana/Tamarine Tanasugarn, Sabtu (7/12/19).

Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi sempat kehilangan set pertama dengan skor 4-6. Namun, mereka berhasil merebut set berikutnya dengan 6-4. Pada set penentu dengan sistem tie-break, mereka menang dengan skor tipis, 10-8.

Capaian Christopher/Aldila sendiri berhasil memenuhi target yang diusung tim tenis Indonesia sebelum gelaran SEA Games 2019. Sebagai unggulan pertama, mereka diproyeksikan untuk menjadi juara karena performanya sepanjang tur ATP dan WTA 2019.

Hasil ini sekaligus membuat Christopher Rungkat pensiun dari ajang SEA Games. Sebelum final ganda campuran, ia mengumumkan hal tersebut. Pasalnya, ia sebelumnya telah meraih emas tunggal putra (2011 dan 2017), serta ganda putra dan beregu putra (2011).

“Setelah medali emas di ganda campuran, saya tidak akan lagi mengikuti SEA Games berikutnya. Saya sudah meraih semua medali emas di semua nomor yang saya bisa ikuti,” ucap Christo dilansir dari Tennis Indonesia.

Pada hari yang sama, medali emas Indonesia dari cabang tenis dipersembahkan oleh Beatrice Gumulya/Jessy Rompies. Sedangkan, satu sisanya diraih oleh Aldila Sutjiadi dari sektor tunggal putri, Jumat (6/12/19).

Medali emas SEA Games 2019 ini menjadi torehan manis Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi setelah Asian Games 2018. Sementara itu, medali emas yang dipersembahkan Christo/Aldila sendiri menjadi yang ke-47 untuk Indonesia.