In-depth

Menakar Peluang Greysia/Apriyani di Semifinal Barcelona Spain Masters 2020

Sabtu, 22 Februari 2020 14:05 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menakar Peluang Greysia/Apriyani di Semifinal Barcelona Spain Masters 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menakar Peluang Greysia/Apriyani di Semifinal Barcelona Spain Masters 2020.

INDOSPORT.COM – Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan bertanding di babak semifinal Barcelona Spain Masters malam ini, bagaimana peluangnya?

Berstatus sebagai unggulan pertama turnamen, membuat Greysia/Apriyani tentunya dibebani target juara Barcelona Spain Masters 2020. Sejauh ini, apa yang dilakukan Greysia/Apriyani pun sudah berada pada trek yang benar.

Bermain di semifinal setelah menyingkirkan jagoan Chinese Taipei, Hsu Ya Ching/Hu Ling Fang membuat kepercayaan diri Greysia/Apriyani semakin meningkat. Masalahnya, lawan yang akan dihadapi di babak semifinal bukanlah musuh sembarangan.

Adalah unggulan keenam turnamen asal Inggris, Chloe Birch/Lauren Smith yang sudah menanti dan mencoba untuk menghadang ganda putri terbaik Indonesia saat ini, bagaimana peluang Greysia/Apryani?

Peluang Greysia/Apriyani ke Final Barcelona Spain Masters 2020

Chloe Birch/Lauren Smith boleh saja berada pada peringkat ke-24 dunia, berbeda dengan Greysia/Apriyani yang ada di jajaran 8 besar. Namun Chloe Birch/Lauren Smith tidak bisa diremehkan begitu saja.

Pasalnya, di babak 8 besar kemarin, Chloe Birch/Lauren Smith mampu menyingkirkan unggulan keempat turnamen yang saat ini berada di peringkat 15, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia). Keberhasilan Chloe Birch/Lauren Smith pun menjadi kejutan tersendiri.

© Badminton Europe
Pasangan ganda putri Inggris, Chloe Birch/Lauren Smith. Copyright: Badminton EuropePasangan ganda putri Inggris, Chloe Birch/Lauren Smith.

Memang, Greysia/Apriyani memiliki rekor pertemuan yang baik dengan wakil Inggris itu dengan selalu menang dalam tiga pertandingan. Meski begitu, tampaknya tahun ini, wakil Inggris itu telah mengalami perkembangan dan siap untuk balas dendam ke Greysia/Apriyani.

Hal itu membuat Greysia/Apriyani perlu berhati-hati agar tidak kecolongan pada semifinal Barcelona Spain Masters 2020. Secepatnya menjauhkan selisih skor pada awal set pertama akan menjadi misi khusus yang patut dikejar oleh Greysia/Apriyani.

Tujuannya adalah untuk menjatuhkan mental bertanding tim lawan karena sudah unggul terlebih dulu. Jika itu tidak bisa dilakukan, besar kemungkinan Greysia/Apriyani akan berada dalam situasi berbahaya karena sang lawan juga sedang dalam motivasi besar.

Soalnya sepanjang tahun 2020, semifinal Barcelona Spain Masters menjadi pencapaian terbaik Chloe Birch/Lauren Smith. Tentu Chloe Birch/Lauren Smith akan mati-matian untuk mencapai setidaknya babak final.

Namun, kita seharusnya percaya pada mental juara Greysia/Apriyani yang sudah meraih gelar pada tahun 2020. Greysia/Apriyani sebelumnya sudah merengkuh gelar Indonesia Masters 2020 lalu dengan mengalahkan Maiken Freugaard/Sara Thygesen (Denmark).

Pada akhirnya, motivasi untuk mengawinkan gelar Indonesia Masters dengan Barcelona Spain Masters akan menjadi penyemangat Greysia/Apriyani melewati babak semifinal. Namun begitu, potensi kejutan Chloe Birch/Lauren Smith tidak boleh dianggap remeh Greysia/Apriyani.