Ditargetkan Juara All England 2020, Fajar Alfian/Rian Ardianto Mampu?

Selasa, 10 Maret 2020 23:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Coro Mountana
© Humas PBSI
Ditargetkan Juara All England 2020, Fajar Alfian/Rian Ardianto Mampu? Copyright: © Humas PBSI
Ditargetkan Juara All England 2020, Fajar Alfian/Rian Ardianto Mampu?

INDOSPORT.COM - Menjadi salah satu wakil Indonesia di sektor ganda putra All England 2020, Fajar Alfian/Rian Ardianto mendapat target juara, mampukah?

Bersama pasangan nomor satu dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Rian Ardianto menjadi harapan bulutangkis Indonesia di All England 2020.

Menariknya, meski secara peringkat tak lebih baik dari dua kompatriotnya, Fajar Alfian/Rian Ardianto justru ditargetkan menjadi juara oleh pelatih tim putra bulutangkis Indonesia Herry IP.

Herry IP menilai sudah saatnya Fajar Alfian/Rian Ardianto meraih supermasi tertinggi di turnamen bulutangkis tertua di dunia itu. Sekaligus melanjutkan legasi ganda putra Indonesia yang sudah menghadirkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang juara sejak tiga tahun lalu di All England.

Fajar Alfian/Rian Ardianto

Melihat statusnya sebagai unggulan kelima turnamen Bulutangkis All England 2020, menjadi masuk akal jika peluang Fajar Alfian/Rian Ardianto untuk juara, dianggap cukup besar.

Namun memang sayang langkah untuk mewujudkan itu tak akan mudah buat Fajar Alfian/Rian Ardianto. Sebab sejak putaran pertama saja mereka sudah harus menghadapi lawan berat, Mathias Boe/Mads Conrad dari Denmark.

© BADMINTONPHOTO
Ganda putra asal Denmark Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen. Copyright: BADMINTONPHOTOGanda putra asal Denmark Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen.

Meski secara peringkat tak lebih baik dari Fajar Alfian/Rian Ardianto, pasangan asal Denmark itu terbukti bisa menyulitkan Fajar Alfian/Rian Ardianto. Di mana mereka bisa unggul agregat 2-1 dalam rekor pertemuan kedua pasangan bulutangkis itu.

Tapi peluang memang masih terbuka buat Fajar Alfian/Rian Ardianto, karena di pertemuan terakhir, di Malaysia Masters 2020 lalu, merekalah yang keluar sebagai pemenang dengan hasil 21-17 dan 21-14.

Jika bisa melalui pasangan Denmark itu, langkah Fajar Alfian/Rian Ardianto akan lebih mudah di putaran kedua. Di mana kemungkinan hanya pasangan Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge yang menghadang mereka.

Jika itu terjadi, peluang menjadi besar, karena dalam sejarah dua pertemuan sebelumnya, mereka selalu bisa mengalahkan pasangan peringkat 23 dunia itu.

Menjadi menarik jika nantinya Fajar Alfian/Rian Ardianto lolos ke perempatfinal. Apa lagi jika yang mereka hadapi adalah pasangan jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

© Humas PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/M.Rian Ardianto berhasil mengalahkan pebulutangkis asal Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di final Korea Open 2019. Copyright: Humas PBSIPasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/M.Rian Ardianto saat berhasil mengalahkan pebulutangkis asal Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di final Korea Open 2019.

Melawan pasangan Jepang itu menjadi menarik, karena mereka bisa saling mengalahkan, hingga menghasilkan agregat 5-6 saat ini, untuk keunggulan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Dengan agregat yang sangat tipis tersebut, maka bisa dikatakan peluang Fajar Alfian/Rian Ardianto untuk lolos ke semifinal cukup besar asal tak buat kesalahan. Jika diasumsikan nantinya adalah Fajar Alfian/Rian Ardianto yang lolos, besar kemungkinan akan terjadi pertarungan sesama wakil Indonesia di babak semifinal.

Di mana Fajar Alfian/Rian Ardianto akan melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal All England 2020.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Indonesia Masters 2020. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Indonesia Masters 2020.

Dengan bekal kalah di dua pertemuan dan hanya menang sekali melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berat memang buat Fajar Alfian/Rian Ardianto untuk bisa mencuri kemenangan. Meski pada akhirnya, bukan mustahil, karena tentu Fajar Alfian/Rian Ardianto sudah mengetahui betul gaya main Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Jika sudah bisa menembus babak semifinal, artinya memang ucapan Herry IP dengan menargetkan Fajar Alfian/Rian Ardianto untuk meraih juara di All England 2020, bukanlah sesuatu yang mustahil asalkan mereka konsisten dan mampu meminimalisir blunder.