Jalani Karantina dengan Ketat, Begini Kondisi Terakhir Tim All England 2020

Kamis, 19 Maret 2020 16:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Greysia Polii tampak mengikuti latihan terpisah di Pelatnas PBSI usai pulang dari All England 2020. Copyright: © Humas PBSI
Greysia Polii tampak mengikuti latihan terpisah di Pelatnas PBSI usai pulang dari All England 2020.

INDOSPORT.COM – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengabarkan kondisi terkini tim All England 2020 yang tengan menjalani masa karantina dengan ketat untuk menghindari penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Tim All England 2020 sudah memasuki hari kelima karantina di Pelatnas Cipayung, dengan kelompok pertama menjalani karantina sejak Minggu (15/03/20) malam. Sedangkan kelompok kedua mulai dikarantina pada Selasa (17/03/20) malam.

Susy mengatakan selama masa karantina berlangsung, para atlet mendapatkan pantauan ketat dari tim dokter yang rutin meninjau atlet ke asrama untuk mengecek suhu tubuh dan kondisi atlet serta tim ofisial yang baru kembali dari Birmingham.

Legenda bulutangkis tunggal putri tersebut mengatakan bahwa berdasarkan dari laporan tim dokter bahwa semua atlet kini dalam kondisi sehat dan baik.

"Sampai hari ini hasil laporan dari tim dokter semua dalam kondisi baik. Pokoknya semua tak lepas dari pantauan dokter," ujar Susy Susanti, berdasarkan rilis yang diterima tim INDOSPORT.

Susy juga berharap semua atlet bisa tetap menjaga kesehatan dan kondisi di tengah kondisi seperti ini. Saat ini lebih dari 15 turnamen internasional bahkan nasional sudah dibatalkan akibat wabah virus corona. Susy memandang bahwa kondisi tanpa turnamen ini tidak memengaruhi atlet.

"Harusnya tidak terpengaruh ya, karena jadinya kan cuma tidak ada pertandingan, karena situasi yang kurang kondusif. Keselamatan dan kesehatan lebih diutamakan. Saya sendiri memang belum pernah mengalami masa seperti ini,”

“Zaman saya dulu beda lagi situasinya, pernah mau ikut turnamen di saat Perang Teluk, jadi kalau mau berangkat tanding harus muter-muter cari rute tidak boleh melewati Timur Tengah," cerita Susy.

Saat ini tim All England 2020 tidak hanya dipantau oleh dokter tapi juga ahli gizi. Asupan makanan dan vitamin atlet betul-betul dijaga.

Tak hanya atlet, seluruh tim ofisial yang kembali dari All England termasuk pelatih, fisioterapis hingga ahli pijat juga mendapatkan perhatian khusus dalam hal pantauan medis dan nutrisi selama masa karantina.