Usai Juara di All England, Mampukah Viktor Axelsen Salip Kento Momota di Puncak pemain Terbaik Dunia?

Sabtu, 21 Maret 2020 20:03 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shi Tang/Getty Images
Viktor Axelsen semakin memantapkan posisinya di daftar atas tunggal putra terbaik dunia saat ini, usai juara All England 2020. Mampukah menyalip Kento Momota? Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Viktor Axelsen semakin memantapkan posisinya di daftar atas tunggal putra terbaik dunia saat ini, usai juara All England 2020. Mampukah menyalip Kento Momota?

INDOSPORT.COMViktor Axelsen semakin memantapkan posisinya di daftar atas tunggal putra terbaik dunia saat ini, usai juara All England 2020. Mampukah menyalip Kento Momota?

Perlahan tapi past, pebulutangkis tunggal putra Denmark, Viktor xelsen semakin memantapkan posisinya di daftar atas rangking dunia tunggal putra pada tahun 2020 ini.

Memulai tahun sebagai peringkat lima dunia, Viktor Axelsen kini mantap ada di rangking empat dunia. Bahkan sempat menembus rangking ketiga pada akhir Januari hingga awal Februari lalu. Meski sempt juga terlempar jauh ke rangking tujuh dunia, sebelum gelaran England 2020.

Bisa bertenggernya Viktor Axelsen di rangking empat dunia saat ini, jelas tentu saja tak lepas dari apa yang didapatkannya di All England 2020. Datang sebagai unggulan kedua, dengan luar biasa Viktor Axelsen bisa terus melaju sejak babak awal, disaat banyak unggulan lainnya bertumbangan. Hingga akhirnya mengalahkan unggulan pertama, Chou Tien-chen di partai final, 21-13 dan 21-14.

Selain berdampak signifikan terhadap rangkingnya saat ini, gelar juara di All England 2020 tersebut juga secara langsung semakin memantapkan raihan Viktor Axelsen selama tahun 2020. Dimana dirinya sudah bisa mendapatkan dua gelar juara, dari Spain Master dan All England. Sekali menembus final di Malaysia Master dan bisa ke semifinal Indonesia Master.

Selanjutnya yang menjadi pertandyaan, apakah dengan apa yang telah ditorehkan Viktor Axelsen di awal tahun 2020, dirinya kemudian bisa menyalip tunggal putra nomor satu dunia saat ini, Kento Momota?

Viktor Axelsen vs Kento Momota

Di awak tahun 2020, tanda-tanda Viktor Axelsen akan menjadi pesaing berat Kento Momota sebenarnya sudah terlihat. Yakni diaat Viktor Axelsen bisa menembus final Malaysia Master 2020, untuk bersua pebulutangkis nomor satu dunia asal Jepang itu.

Meski akhirnya harus mengakui keunggulan Kento Momota di final Malaysia Master 2020, Viktor Axelsen sempat menyulitkan dengan memaksa set pertama harus disudahi Kento Momota hingga kedudukan 24-22.

Namun setelah Malayia Mater 2020 itu, Viktor Axelsen dengan sangat baik memanfaatkan momen absennya Kento Momota akibat kecelakaan yang dialami, dengan kembali menorehkan catatan yangluayan bagus di Indonesia Master, menembus semifinal.

Catatan itu juga yang membuat nama Viktor Axelsen kemudian sempat berada di urutan teratas World Tour Ranking pada akhir Januari 2020.

Kembali ke pertanyaan awal apakah Viktor Axelsen, bisa menyalip Kento Momota di rangking dunia? Jawabannya, dengan usia yang masih 22 tahun tentu sangat terbuka peluang buat Viktor Axelsen melakukan hal tersebut.

Apa yang didapatnya di awal tahun 2020 ini adalah acuan lainnya. Satu yang mungkin harus diperhatikan Viktor Axelsen dirinya harus bisa lebih konsisten menjaga penampilan, hingga rangkingnya cukup stabil seperti kompatriotnya Anders Antonsen saat ini yang ada di rangking tiga dunia.

Jika stabilitas itu bisa terjaga, sangat besar peluang Viktor Axelsen untuk bisa melewati Kento Momota di sebagai tunggal putra nomor satu dunia. Seperti saat dirinya bisa mengalahkan Kento Momota saat masih di level junior di ajang BWF World Junior Championship 2010 silam.