In-depth

Menyimak Kebangkitan Viktor Axelsen yang Bisa Persulit Ginting Dekati Kento Momota

Jumat, 20 Maret 2020 19:10 WIB
Editor: Coro Mountana
© Morgan Harlow/PA Images via Getty Images
Menyimak Kebangkitan Viktor Axelsen yang Bisa Persulit Ginting Dekati Kento Momota. Copyright: © Morgan Harlow/PA Images via Getty Images
Menyimak Kebangkitan Viktor Axelsen yang Bisa Persulit Ginting Dekati Kento Momota.

INDOSPORT.COM – Sebelum All England 2020, Anthony Ginting memiliki peluang untuk mendekati Kento Momota, tapi itu digagalkan dengan kebangkitan Viktor Axelsen.

Tadinya sebelum All England 2020, Anthony Ginting berada di peringkat ketiga dunia untuk tunggal putra, dua strip di bawah Kento Momota. Namun, kegagalan Anthony Ginting melangkah jauh di All England membuat posisinya tergusur ke tempat 6.

Anthony Ginting pun harus turun 3 peringkat, sedangkan di sisi lain, ada satu tunggal putra yang sukses naik 3 tingkat, yaitu Viktor Axelsen. Keberhasilan Viktor Axelsen untuk menggeser Anthony Ginting tak lepas dari gelar juara All England 2020.

Padahal di tahun 2019, karier Viktor Axelsen sempat redup hingga membuatnya terlempar dari 3 besar dunia untuk tunggal putra. Namun dengan kemenangan di All England 2020 menjadi bukti kalau Viktor Axelsen telah bangkit dan bisa menjadi ancaman bagi Ginting untuk mendekati Kento Momota.

Kebangkitan Viktor Axelsen

Di tahun 2019 terutama setelah bulan Maret, Viktor Axelsen mengalami penurunan prestasi yang tak lepas dari cedera punggung yang menderanya. Akibatnya di tahun 2019, gelar terakhir yang bisa direngkuh Viktor Axelsen hanyalah India Open pada akhir Maret.

Setelah itu, Viktor Axelsen selalu gagal memenangi kejuaraan apapun hingga tahun 2019 tutup buku. Memasuki tahun 2020 ketika cedera punggung menahunnya berangsur pulih, Viktor Axelsen pun mencoba untuk bangkit.

Mantan tunggal putra nomor satu dunia itu tentu tak ingin berlarut-larut berada di bawah, apalagi ia telah tertinggal jauh dari Kento Momota yang mengambil tahtanya. Awal tahun 2020 pun langsung berbuah gelar bagi Viktor Axelsen yaitu Barcelona Spain Masters.

Namun kemenangan itu tidak mampu membuatnya masuk ke lima besar di mana ia harus tergusur oleh Anthony Ginting yang sedang on fire. Sebelum All England 2020 pun, Viktor Axelsen harus puas berada di posisi ketujuh.

Namun bukan Viktor Axelsen namanya jika menyerah, setelah menang di Barcelona Spain Masters, ia pun menjadi lebih bersemangat. Alhasil, Viktor Axelsen pun menjuarai All England 2020 setelah mengalahkan sejumlah lawan kuat.

Sebut saja Shi Yu Qi, Lee Zii Jia, hingga Chou Tien Chen yang saat ini menjadi orang terdekat dalam posisinya dengan Kento Momota. Kini Viktor Axelsen yang tak lagi merasakan sakit di punggungnya, telah bangkit dan siap untuk naik terus mengambil tahtanya di tunggal putra.

Dengan kata lain, kebangkitan Viktor Axelsen akan membuat langkah Anthony Ginting, tunggal putra andalan Indonesia semakin sulit untuk mendekati Kento Momota.