Jawara India Open yang Disebut Pelatihnya 'Pengkhianat'

Jumat, 27 Maret 2020 10:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© Graham Chadwick /Allsport
Inilah juara bertahan India Open tahun 2008 asal Hong Kong yakni Zhou Mi yang sempat dicap pelatihnya sebagai 'pengkhianat'. Copyright: © Graham Chadwick /Allsport
Inilah juara bertahan India Open tahun 2008 asal Hong Kong yakni Zhou Mi yang sempat dicap pelatihnya sebagai 'pengkhianat'.

INDOSPORT.COM - Inilah juara bertahan India Open tahun 2008 asal Hong Kong yakni Zhou Mi yang sempat dicap pelatihnya sebagai 'pengkhianat'.

Pebulutangkis Zhou Mi diketahui berhasil meraih gelar India Open pada tahun 2008 usai mengalahkan wakil China, Lu Lan dalam pertandingan straight games dengan skor 21-14, 21-14.

Tetapi siapa sangka jika peraih gelar India Open 2008 tersebut sempat disebut pelatihnya sebagai 'pengkhianat'? Eks pebulutangkis Zhou Mi diketahui memutuskan untuk pindah ke Asosiasi Bulutangkis Hong Kong (HKBA) lantaran kecewa dengan pelatihan di China yang dinilainya terlalu keras, terlebih lagi dengan pelatihnya Li Yongbo.

Akhirnya, Zhou Mi yang mendapat tawaran untuk pindah ke Timnas Bulutangkis Hong Kong pada tahun 2007 lalu akhirnya sepakat untuk pindah tetapi dirinya tidak berganti kewarganegaraan.

Kepindahan Zhou Mi itu pun juga tak luput dari komentar sang pelatih Li Yongbo yang mempertanyakan di mana sikap patriotisme eks anak asuhnya tersebut setelah memilih membela tim lain.

Akibatnya hubungan Zhou Mi dan Li Yongbo pelatihnya di China itu pun berakhir tidak harmonis dan mengakibatkan sang pelatih membuat pernyataan kontroversial terhadapnya yang menurutnya karier eks anak asuhnya tersebut sudah selesai dan ia bukan ancaman nyata untuk China.

Meskipun mengakui bahwa pindah ke Hong Kong adalah keputusan yang berat dan dirinya harus mendapat izin dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) untuk bisa bermain di turnamen internasional, pada akhirnya juara India Open 2008 tersebut berhasil melaluinya.

Di bawah asuhan Pelatih Kepala baru, Chan Chi-choi yang lebih sabar dalam membimbing Zhou Mi, pebulutangkis itu pun akhirnya melakukan comeback sukses usai sembuh dari cedera lutut yang dideritanya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%