Penangguhan Hukuman Segera Habis, Nasib Musuh Bebuyutan Kevin/Marcus di Olimpiade 2020 Masih Gantung

Kamis, 2 April 2020 14:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© bwfworldtour.bwfbadminton.com
Akibat ditunda, nasib pasangan ganda putra Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae di Olimpiade Tokyo 2020 masih menggantung. Copyright: © bwfworldtour.bwfbadminton.com
Akibat ditunda, nasib pasangan ganda putra Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae di Olimpiade Tokyo 2020 masih menggantung.

INDOSPORT.COM - Akibat ditunda, nasib pasangan ganda putra Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae di Olimpiade Tokyo 2020 masih menggantung.

Sebelumnya, Seo Seung-jae resmi mendapat hukuman larangan tampil selama setahun akibat masalah kontrak sejak akhir tahun 2019 lalu, bermula kala dirinya pada akhir tahun lalu menandatangani kontrak dengan klub bulutangkis Samsung Electromechanics.

Padahal dua hari sebelumnya juga telah menandatangani kontrak dengan klub bulutangkis Korea Selatan lainnya, Incheon International Airport. Kasus ini akhirnya berujung hukuman berat dari Federasi Bulutangkis Korea Selatan, The Badminton Korea Association (BKA).

Hukuman berat tersebut ialah berupa larangan tampil bersama tim Korea Selatan selama satu tahun ke depan atau hingga 31 Desember 2020. Ini berarti, Seung-jae terancam gagal tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, melansir dari laman Yonhap News, hukuman tersebut dibatalkan setelah Seo Seung-jae menang banding. Pasalnya, salah satu tim profesional yang membelanya menilai bahwa hukuman tersebut akan memberikan kerugian besar bagi skuat Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020.

Hukuman itu bisa merugikan dua pebulutangkis lainnya yang tak bersalah yang menjadi pasangan Seo Seung-jae. Hingga akhirnya BKA mengubah keputusan dan mengizinkan Seo Seung-jae untuk tampil bersama Timnas Korea Selatan dan hukuman tersebut berlanjut setelah gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Tetapi akibat wabah virus Corona, Olimpiade Tokyo 2020 yang semula dijadwalkan akan digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang, tetapi mundur ke 23 Juli - 8 Agustus 2021 mendatang.

Dilansir dari media aiyuke.com, penundaan Olimpiade Tokyo 2020 pun membuat penangguhan hukuman musuh bebuyutan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tersebut menjadi tak berarti.

Selain itu, pebulutangkis yang menyingkirkan pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 tersebut bisa jadi kembali terancam batal membela Timnas Bulutangkis Korea Selatan di sektor bulutangkis pada Olimpiade Tokyo 2020 di tahun 2021 mendatang.

Tentu saja, jika hal tersebut benar terjadi, maka akan sangat merugikan bagi Timnas Bulutangkis Korea Selatan karena pebulutangkis Seo Seung-jae bermain di dua sektor yakni ganda putra dan campuran.