Olimpiade Ditunda Jadi Bencana Dua Tunggal Putri Malaysia

Kamis, 9 April 2020 19:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© getty images
Dua tunggal putri Malaysia, Goh Jin Wei dan S. Kisona, justru menghadapi situasi yang sulit menyusul ditundanya turnamen Olimpiade Tokyo 2020 selama satu tahun. Copyright: © getty images
Dua tunggal putri Malaysia, Goh Jin Wei dan S. Kisona, justru menghadapi situasi yang sulit menyusul ditundanya turnamen Olimpiade Tokyo 2020 selama satu tahun.

INDOSPORT.COM – Dua tunggal putri Malaysia, Goh Jin Wei dan S. Kisona, justru menghadapi situasi yang sulit menyusul ditundanya turnamen Olimpiade Tokyo 2020 selama satu tahun.

Goh Jin Wei dan S. Kisona saat ini menempati peringkat dunia di luar 50 besar. Jin Wei yang berusia 20 tahun itu menghuni posisi 138, sedangkan Kisona yang berusia 21 tahun berada di peringkat ke-92.

Posisi mereka bisa dibilang cukup mengkhawatirkan, terutama setelah sejak Olimpiade Tokyo yang sejatinya digelar bulan Juli hingga Agustus 2020 ini harus tertunda selama setahun.

Dilansir dari Star Malaysia, peluang mereka untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade bisa tertutup rapat apabila Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menghapus penskoran yang sudah ada.

Nantinya, kualifikasi Olimpiade Tokyo ini akan dimulai dari awal, sehingga semua upaya yang telah dicapai para pebulutangkis akan percuma.

Sebagaimana diketahui, BWF secara resmi telah menangguhkan semua turnamen hingga bulan Juli akibat dampak dari pandemi virus corona. penangguhan turnamen ini memengaruhi kebijakan BWF atas proses kualifikasi Olimpiade.

BWF sendiri belum mengambil keputusan terkait dengan kualifikasi Olimpiade. Kualifikasi berpotensi diperpanjang selama tiga bulan lagi setelah Covid-19 membaik atau jika tidak BWF juga akan memulainya dari awal.

Apabila kualifikasi diulang lagi, Jin Wei dan Kisona hanya bisa tampil di Olimpiade edisi berikutnya. Jin Wei sendiri baru saja pulih dari cedera perut selama setahun belakangan. Hal ini juga terjadi pada Kisona yang sempat mengalami cedera lutut.

Sejauh ini, hanya Soniia Cheah yang menduduki peringkat ke-29 yang berpeluang lolos ke Olimpiade Tokyo.