3 Pelatih Bulutangkis Indonesia Terhebat di Sektor Ganda Putra

Sabtu, 18 April 2020 16:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kehebatan para pebulutangkis ganda putra tak terlepas dari jasa pelatih di belakangnya. Indonesia pun memiliki sejumlah pelatih ganda putra terbaik di dunia. 

Sektor ganda putra selalu menjadi andalan bulutangkis Indonesia. Pada dekade 70-an kita memiliki pasangan Christian Hadinata/Ade Chandra yang berhasil menjuarai All England pada 1972 dan 1973. 

Kesuksesan Christian Hadinata berlanjut pada pasangan Tjun Tjun/Johan Wahyudi yang tak terbendung. Berlanjut ke 80-an dan 90-an, kita mengenal nama-nama pasangan legendaris seperti Eddy Hartono/Rudy Gunawan, Ricky Subagja/Rexy Mainaky, dll. 

Di era modern ini pun kita masih mendominasi nomor ganda putra. Bahkan, dalam 2-3 tahun terakhir dominasi Indonesia di ganda putra mencapai puncaknya. 

Siapa lagi kalau bukan karena keberadaan pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Keduanya kini menempati ranking satu dan dua dunia. 

Kehebatan para pebulutangkis ganda putra tak terlepas dari jasa pelatih di belakangnya. Indonesia pun memiliki pelatih-pelatih ganda putra terbaik dunia. 

Hebatnya, sebagian dari pelatih-pelatih ganda putra ini dulunya juga merupakan pemain ganda terbaik dunia. Siapa saja mereka? Berikut ini 5 pelatih ganda putra terbaik Indonesia sepanjang masa. 

1.  Christian Hadinata 

© Badminton Indonesia
Caption Copyright: Badminton IndonesiaSama seperti saat menjadi pemain, nama Christian Hadinata pun begitu masyur ketika menjadi pelatih bulutangkis ganda putra Indonesia. 

Sama seperti saat menjadi pemain, nama Christian Hadinata pun begitu masyur ketika menjadi pelatih. Christian Hadinata adalah legenda bulutangkis dunia. 

Ketika pensiun sebagai pemain, Christian menjadi pelatih hebat yang menghasilkan pemain-pemain kelas dunia. Christian Hadinata merupakan pelatih yang bertanggung jawab dalam mengantarkan Ricky Subagdja/Rexy Mainaky menjuarai Olimpiade Atlanta 1996. 

Selain itu, tangan dinginnya juga sukses mengantarkan kesuksesan pada pasangan tangguh Eddy Hartono/Rudy Gunawan. Saat ini Christian Hadinata aktif sebagai pemandu bakat dan pencari bibit pemain di klub PB Djarum. 

2. Herry Iman Pierngadi

© Humas PBSI
Pelatih bulutangkis Indonesia, Herry IP. Copyright: Humas PBSIPelatih bulutangkis ganda putra Indonesia, Herry IP.

Herry Iman Pierngadi atau lebih akrab disapa Herry IP merupakan pelatih ganda putra yang menggawangi pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 

Semua pecinta bulutangkis Indonesia pun tahu bagaimana kesuksesan yang diraih oleh Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra

Tangan dingin Herry IP pun sudah bisa dirasakan di masa lalu. Aktif melatih ganda putra di pelatnas Cipayung sejak 90-an, Herry IP sukses mengantarkan pasangan Candra Wijaya/Tony Gunawan meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000. 

3. Sigit Pamungkas

© GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-INTERNET
Caption Copyright: GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-INTERNETSigit Pamungkas bersama Christian Hadinata dan Herry IP menjadi pelatih terbaik ganda putra Indonesia. 

Pelatnas Cipayung pernah memiliki pelatih ganda putra berbakat bernama Sigit Pamungkas. Sigit Pamungkas adalah pelatih yang mengantarkan ganda putra Markis Kido/Hendra menjadi juara di Olimpiade Beijing 2008. 

Kesuksesan Markis Kido/Hendra Setiawan bahkan selalu identik dengan Sigit Pamungkas. Sinergi keduanya menghasilkan sejumlah gelar penting seperti Juara Dunia 2007 dan emas Asian games 2010. 

Markis Kido/Hendra Setiawan selama beberapa lama menempati posisi ranking satu dunia dan menyisihkan pasangan kuat seperti Cai Yun/fu Haifeng. Sampai saat ini Hendra Setiawan pun masih bersaing di level tertinggi bersama Mohammad Ahsan .