2 Pemain Bulutangkis Indonesia dengan Medali Olimpiade Terbanyak

Kamis, 28 Mei 2020 07:29 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© ADEK BERRY/AFP/Getty Images
Meskipun Olimpiade sudah bergulir sejak tahun 1992-2016, Indonesia baru memiliki dua pemain dengan koleksi medali terbanyak. Siapa sajakah? Copyright: © ADEK BERRY/AFP/Getty Images
Meskipun Olimpiade sudah bergulir sejak tahun 1992-2016, Indonesia baru memiliki dua pemain dengan koleksi medali terbanyak. Siapa sajakah?

INDOSPORT.COM - Meskipun Olimpiade sudah bergulir sejak tahun 1992-2016, Indonesia baru memiliki dua pemain dengan koleksi medali terbanyak. Siapa sajakah?

Olimpiade merupakan salah satu turnamen bulutangkis paling prestigius selain Kejuaraan Dunia Bulutangkis, dimana semua pemain pasti berharap bisa naik ke podium tertinggi di pesta olahraga sedunia empat tahunan tersebut.

Sejak menjadi salah satu cabang olahraga yang dimainkan di Olimpiade 1992, bulutangkis menjadi salah satu pertandingan yang paling banyak dinantikan, terlebih lagi prestasi Indonesia sangat luar biasa di sini.

Sayang, meskipun prestasi Indonesia di Olimpiade sangat luar biasa, ternyata hanya dua pemain saja yang mampu mengoleksi medali terbanyak di antara pemain Tanah Air lainnya.

Berikut INDOSPORT.com merangkum dua pemain bulutangkis Indonesia yang menjadi peraih medali Olimpiade terbanyak:

Liliyana Natsir

Legenda ganda campuran, Liliyana Natsir rupanya menjadi orang Indonesia yang meraih medali terbanyak di Olimpiade, yakni medali emas yang diraihnya di tahun 2016 dan medali perak di tahun 2008.

Medali emas Olimpiade di tahun 2016 didapatkan Liliyana Natsir ketika berpasangan dengan Tontowi Ahmad. Dimana di partai final, mereka berhasil mengalahkan pasangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 21–14, 21–12.

Sedangkan medali perak di Olimpiade 2008, Liliyana Natsir mendapatkannya saat berduet dengan Nova Widianto, namun harus takluk dari pasangan Lee Yong-dae/Lee Hyo-jung dengan skor 11-21, 17-21.

Susy Susanti

Susy Susanti memang menjadi pebulutangkis Indonesia pertama yang mempersembahkan medali emas di Olimpiade Barcelona 2012. Saat itu di partai final, ia mengalahkan musuh bebuyutannya yakni Bang Soo-hyun dengan skor 5–11, 11–5, 11–3.

Sayang, di Olimpiade Atlanta 1996, Susy Susanti harus puas dengan medali perunggu usai di semifinal ia takluk dengan musuh bebuyutannya, yakni Bang Soo-hyun dengan skor 9-11, 8-11.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
17%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%