3 Negara Peraih Medali Terbanyak di SEA Games

Jumat, 29 Mei 2020 08:31 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Berikut ini tiga negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di panggung SEA Games sejak tahun 1959 sampai 2019 lalu. Copyright: © Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Berikut ini tiga negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di panggung SEA Games sejak tahun 1959 sampai 2019 lalu.

INDOSPORT.COM -  Berikut ini tiga negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di panggung SEA Games sejak tahun 1959 sampai 2019 lalu.

SEA Games adalah pesta olahraga akbar dua tahunan se-Asia  Tenggara sekaligus merupakan salah satu acara bulutangkis internasional yang diperhitungkan untuk negara-negara ASEAN.

Cabang olahraga bulutangkis diketahui pertama kali masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games pada tahun 1959 silam.

Sejak mulai dipertandingkan di tahun 1959 silam, sudah banyak negara yang mengoleksi medali di SEA Games. Lantas siapa sajakah negara terbanyak pengoleksi medali SEA Games?

Berikut INDOSPORT.com merangkum tiga negara peraih medali bulutangkis terbanyak di panggung SEA Games:

Indonesia

Timnas Bulutangkis Indonesia sukses menduduki peringkat pertama sebagai negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di SEA Games.

Dari tahun 1959 hingga di edisi SEA Games terakhir pada tahun 2019 silam di Manila, Filipina, Timnas Bulutangkis Indonesia sudah berhasil mengoleksi 184medali bulutangkis di  SEA Games.

Dimana 184 medali yang diraih oleh Timnas Bulutangkis Indonesia di panggung SEA Games berasal 112 medali emas, 41 medali perak dan31 medali perunggu.

Malaysia

Timnas Bulutangkis Malaysia ternyata menempati peringkat kedua sebagai negara pengoleksi medali bulutangkis SEA Games terbanyak di bawah tim bulutangkis Indonesia.

Selama digelarnya SEA Games sejak tahun 1959 hingga 2019 lalu, Timnas Bulutangkis Malaysia berhasil meraih total medali di bulutangkis sebanyak 118 medali.

Dimana 118 medali yang diraih oleh Timnas Bulutangkis Malaysia di panggung SEA Games berasal 48 medali emas, 23 medali perak dan 47 medali perunggu.

Thailand

Timnas Bulutangkis Thailand ternyata menempati peringkat ketiga sebagai negara pengoleksi medali bulutangkis SEA Games terbanyak di bawah Indonesia dan Malaysia.

Sama seperti tim Malaysia, Timnas Bulutangkis Thailand berhasil meraih 118 medali bulutangkis SEA Games sejak diselenggarakan pada tahun 1959 hingga 2019 lalu dan hanya kalah jumlah medali emas.

118 medali yang diraih oleh Timnas Bulutangkis Thailand di panggung SEA Games berasal 32 medali emas, 32 medali perak dan54 medali perunggu.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%