Membanggakan! 3 Petenis Indonesia Ini Pernah Menang Grand Slam

Selasa, 2 Juni 2020 15:10 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sangat membanggakan, 3 petenis Indonesia ini tercatat pernah memenangi turnamen Grand Slam.

Tak seperti sepak bola dan bulutangkis, hingar-bingar dunia tenis seakan seperti jarang terdengar dari kabar arena olahraga Indonesia. Wajar saja, dibandingkan dengan sepak bola dan bulutangkis, tenis memang kurang populer di Indonesia.

Padahal, potensi tenis untuk mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di kancah internasional, sangatlah besar. Itu bisa dilihat dari apa yang dilakukan oleh 3 petenis Indonesia berikut ini yang sukses memenangi gelaran turnamen Grand Slam.

Angelique Widjaja

Pertama, ada Angelique Widjaja yang saat ini sudah pensiun dari dunia tenis pada 2008 lalu. Meski pensiun dini, tetapi Angelique Widjaja sukses menyumbangkan berbagai gelar bergengsi termasuk 3 kali di Grand Slam tingkat junior.

Pertama saat menjadi juara di Wimbledon 2001 lapangan rumput dengan mengalahkan Dinara Safina. Selanjutnya di 2002, Angelique Widjaja juara dua kali Grand Slam pada French Open dan Australia Open bersama Gisela Dulko.

Sebelum pensiun juga, Angelique Widjaja sukses mencatatkan peringkat tertinggi di posisi ke-55 dunia tunggal WTA dan 15 untuk ganda. Sayang memang gairah tenis di Indonesia begitu kurang sehingga talenta seperti Angelique Widjaja jadi kurang terekspos.

Tami Grende

© instagram.com/tami.grende
Senyum manis Tami Grende ketika duduk di sebuah taman Copyright: instagram.com/tami.grendeSenyum manis Tami Grende ketika duduk di sebuah taman

Satu lagi talenta berbakat yang jarang terpantau adalah petenis, Tami Grende. Petenis keturunan Belgia yang lahir di Bali ini merupakan anak muda berbakat dengan memegang gelar Grand Slam junior.

Tepatnya pada Wimbledon 2014 dengan lapangan rumput, Tami Grende sukses menjadi juara usai berpasangan dengan Ye Qiuyu. Pasangan gado-gado itu sukses mengalahkan Marie Bouzkova dan Dalma Galfi.

Sebagai wonderkid di dunia tenis, Tami Grende pernah mencapai puncak dengan menempati posisi ke-36 tingkat dunia. Masih berusia 22 tahun saat ini, Tami Grende diharapkan dapat menghidupkan gairah tenis di Indonesia dengan berbagai pencapaian membanggakan lainnya.

Priska Madelyn Nugroho

Terakhir dan teranyar adalah Priska Madelyn Nugroho yang menggemparkan dunia olahraga Indonesia usai menang Grand Slam tingkat junior di Australia Terbuka tahun ini. Berpasangan dengan Alexandra Eala, Priska Madelyn Nugroho sukses jadi yang terbaik di ganda putri.

Sebelumnya, bakat terpendam dari Priska Madelyn sudah tercium ketika ia sukses mempersembahkan medali perunggu di ajang SEA Games 2019. Baru berusia 17 tahun, Priska Madelyn Nugroho tentu masih bisa berbicara banyak di dunia tenis demi mengharumkan nama Indonesia.

Melihat banyaknya petenis Indonesia yang memenangkan turnamen Grand Slam tingkat junior, mungkin sudah seharusnya kita menaruh perhatian pada cabang olahraga ini juga setingkat sepak bola dan bulutangkis.