Intip 5 Momen Kemenangan Favorit Tontowi Ahmad Selama Aktif Bermain

Kamis, 4 Juni 2020 18:00 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Intip 5 Momen Kemenangan Favorit Tontowi Ahmad Selama Aktif Bermain Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Intip 5 Momen Kemenangan Favorit Tontowi Ahmad Selama Aktif Bermain

INDOSPORT.COM - Berikut lima momen kemenangan terfavorit atlet badminton ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad selama masih aktif bermain.

Pada Senin (18/05/20) lalu, pebulutangkis andalan Indonesia, Tontowi Ahmad akhirnya secara resmi mengumumkan keputusan mundur dari dunia tepok bulu yang telah membesarkan namanya itu. 

Kabar tersebut ia utarakan langsung melalui laman media sosial pribadinya. Tontowi menyebut jika sekarang adalah saat yang tepat baginya untuk mengucapkan selamat tinggal dari olahraga yang hampir sedekade terakhir ia geluti.

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidup saya menjadi lebih berwarna," tulis Tontowi Ahmad. 

"Kadang susah, kadang senang tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, di mana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan," tambahnya.

Dituturkan lebih lanjut oleh Tontowi Ahmad, walaupun dirinya sangat ingin mengumumkan keputusan pensiunnya di atas podium juara, namun sekali lagi tidak ada yang pernah tahu soal kehidupan. 

Dan eks rekan duet Liliyana Natsir tersebut merasa sangat bersyukur dengan semua hal yang telah dicapainya selama menjadi seorang pebulutangkis.

Tontowi menyatakan gantung raket ketika menginjak usia 32 tahun. Berdasarkan data situs BWF Badminton, dia terakhir menduduki peringkat ke-20 ganda campuran bersama pasangannya, Winny Oktavina Kandow.

Sepanjang aktif bermain, pebulutangkis kelahiran Banyumas tersebut berhasil meraih sejumlah gelar juara bergengsi BWF seperti All England, emas Olimpiade hingga Kejuaraan Dunia.

Dari sekian banyak gelar yang dimenangkan tersebut, terdapat lima partai final yang dianggap sangat berkesan bahkan menjadi kenangan paling indah selama berkarier di dunia badminton.

Lantas kemenangan mana sajakah itu, lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.

All England 2012
Melansir dari akun YouTube BadmintonWorld.tv, disebutkan jika kemenangan di ajang All England pada tahun 2012 lalu merupakan salah satu partai final yang berkesan dalam karier Tontowi Ahmad.

Alasannya, pertandingan final All England 2012 kemarin merupakan penampilan pertama Tontowi di ajang prestisius BWF. Selain itu, orang tua Tontowi juga bermimpi sang anak bisa menjadi juara di turnamen Superseries Premier itu.

Di partai final All England 2012, Tontowi yang berpasangan dengan Liliyana Natsir berhasil menjadi juara setelah mengalahkan ganda campuran Denmark,Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl.