Dimulai Agustus, Ini Kalender Turnamen Tenis ATP dan WTA

Kamis, 18 Juni 2020 19:53 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Peter Staples/ATP Tour
Setelah ditangguhkan pada bulan Maret lalu, turnamen tenis dunia siap digelar kembali pada Agustus mendatang, apa saja list kompetisinya? Copyright: © Peter Staples/ATP Tour
Setelah ditangguhkan pada bulan Maret lalu, turnamen tenis dunia siap digelar kembali pada Agustus mendatang, apa saja list kompetisinya?

INDOSPORT.COM - Setelah ditangguhkan pada bulan Maret lalu akibat pandemi virus corona, turnamen tenis dunia siap digelar kembali pada Agustus mendatang, apa saja list kompetisinya?

Federasi Tenis Internasional (ITF) melalui situs resmi mereka akhirnya mengumumkan secara resmi kalau ITF World Tennis Tour bakal segera dilanjutkan pada 3 agustus mendatang acara putri dan 17 agustus mendatang untuk acara putra.

Sebelum ITF, ATP, WTA, USTA dan FFT juga telah mengumumkan kembali dimulainya turnamen dunia dan penyelenggaraan dua turnamen Grand Slam, yakni AS Terbuka dan Prancis Terbuka.

Turnamen tenis diketahui memang telah ditangguhkan sejak pertengahan bulan Maret lalu akibat pandemi virus Corona dan setelah sekian lama tak ada turnamen, ATP akhirnya resmi mengumumkan kalau mereka akan mulai kembali menggelar turnamen dari gelaran Citi Open yang kemudian diikuti oleh Cincinnati Masters sebelum akhirnya menggelar AS Terbuka pada 31 Agustus - 13 September.

Dilansir dari situs atptour.com, semua jadwal yang telah ditentukan tetap akan menyesuaikan dengan protokol kesehatan, kebijakan perjalanan internasional dan persetujuan pemerintah untuk menyelenggarakan event olahraga dan bisa berubah sewaktu-waktu.

"Tujuan kami adalah menjadwal ulang sebanyak mungkin turnamen dan menyelamatkan sebanyak mungkin musim ini, Ini merupakan upaya yang benar-benar kolaboratif dan kami berharap dapat menambahkan lebih banyak acara ke kalender saat situasinya berkembang," katanya.

"Saya ingin mengenali upaya turnamen kami untuk beroperasi selama masa-masa sulit ini, serta para pemain kami yang akan bersaing dalam kondisi yang berbeda. Di setiap kesempatan, memastikan bahwa dimulainya kembali Tur berlangsung di lingkungan yang aman akan menjadi yang terpenting,"  ujar  Andrea Gaudenzi selakuk Ketua ATP.

Tidak hanya ATP, turnamen WTA dan ITF juga memberlakukan hal yang sama. Meskipun sudah menetapkan kalender, tetapi semua itu bisa berubah dan disesuaikan dan protokol dan kebijakan pemerintah setempat.

Berikut ini INDOSPORT.com merangkum kalender turnamen ATP dan WTA yang dimulai Agustus mendatang:

Kalender ATP

14 Agustus Citi Open

22 Agustus Cincinnati Masters

31 Agustus AS Terbuka

27 September Prancis Terbuka

Kalender WTA

3 Agustus Palermo Ladies Open

31 Agustus AS Terbuka

28 September Prancis Terbuka