3 Kejadian Paling Kontroversi yang Pernah Terjadi di Bulutangkis

Senin, 22 Juni 2020 11:04 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Lebih dikenal sebagai olahraga yang lurus-lurus saja, siapa sangka jika bulutangkis ternyata memiliki banyak kejadian yang sangat kontroversial, apa saja? Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Lebih dikenal sebagai olahraga yang lurus-lurus saja, siapa sangka jika bulutangkis ternyata memiliki banyak kejadian yang sangat kontroversial, apa saja?

INDOSPORT.COM - Lebih dikenal sebagai olahraga yang lurus-lurus saja, siapa sangka jika bulutangkis ternyata memiliki banyak kejadian yang sangat kontroversial, apa saja?

Olahraga bulutangkis memang lebih dikenal sebagai cabang olahraga yang lebih mengandalkan kecepatan, teknik bermain tingkat tinggi dan yang paling penting mencapai tujuan utama, yaitu meraih kemenangan.

Namun yang namanya sebuah olahraga pasti akan selalu melahirkan sebuah kejadian kontroversial, tak terkecuali bulutangkis. Lantas, apa saja kejadian kontroversial yang pernah terjadi di bulutangkis? Berikut INDOSPORT.com merangkumnya untuk Anda dilansir dari newsbytesapp.com:

Lin Dan berkelahi dengan pelatih Korea

Final Korea Open 2008 menjadi salah satu momen paling kontroversial di bulutangkis, karena di partai pamungkas gelaran Super Series level 500 tersebut, seorang Lin Dan menyerang pelatih Korea Selatan, Li Mao.

Ketika berhadapan dengan Lee Hyun-il, dalam suatu momen Lin Dan merasa wasit yang memimpin jalannya pertandingan membuat keputusan tidak adil.

Alhasil, Lin Dan pun marah-marah dan pelatih Li Mao yang mendatanginya tampaknya mengatakan sesuatu yang sangat tidak disetujui oleh mantan anak didiknya tersebut.

Tidak terima dengan ucapan pelatih Li Mao, Lin Dan lantas melakukan serangan secara fisik kepada pelatih Korea Selatan tersebut sebelum akhirnya dilerai oleh pelatih-pelatih lain.

'Main Sabun' di Olimpiade London 2012

Peristiwa 'main sabun' di Olimpiade London 2012. Peristiwa tersebut diketahui melibatkan pemain China dan pemain Indonesia yang membuat empat pasangan terpaksa didiskualifikasi dari pesta olahraga akbar empat tahunan tersebut.

Bahkan akibat peristiwa itu, pemain China, Yu Yang memutuskan pensiun dari bulutangkis setelah mengalami peristiwa memalukan tersebut.

Adu jotos Bodin Issara dengan Maneepong Jongjit

Kejadian yang paling kontroversial terakhir terjadi final Canada Open 2013 ketika Bodin Issara beradu jotos dengan rekannya sendiri, Maneepong Jongjit.

Momen adu jotos tersebut diawali dari pertengkaran verbal yang kemudian membuat Maneepong Jongjit langsung menyereng Bodin Issaran, sebelum akhirnya mereka dipisahkan oleh orang-orang di sana. Akibat dari peristiwa itu, mereka pun diskorsing selama dua tahun.