3 Momen Kesatria di Laga Badminton, dari Christian Hadinata hingga Axelsen

Senin, 22 Juni 2020 17:16 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Melihat kembali tiga momen kesatria yang pernah diperagakan oleh para pemain badminton pada saat bertanding di lapangan.

Tidka dapat dipungkiri bahwa dalam setiap pertandingan badminton selalu ada momen kontroversial yang terjadi. Namun dibalik momen tersebut, terdapat sebuah sikap kesatria yang kerap kali ditampilkan oleh setiap pemain.

Berikut ini INDOSPORT.com merangkum tiga momen kesatria yang pernah diperagakan oleh para penepak bulu Angsa di lapangan:

Christian Hadinata

Christian Hadinata merupakan salah satu pemain yang memperagakan sifat kesatrianya pada saat bertanding, dimana momen tersebut terjadi ketika gelaran Piala Thomas 1986 di Istora Senayan, Jakarta.

Pada saat itu, Christian Hadinata berpasangan dengan Hadibowo menghadapi duet pasangan China, He Sangquan/Jiang Guoliang di final Piala Thomas 1986.

Ketika itu di game kedua, pemain China melakukan smash keras ke pertahanan wakil Indonesia, tetapi smash tersebut tidak jatuh di dalam lapangan melainkan keluar dan wasit memberikan angka tambahan bagi pasangan Indonesia.

Tetapi, Christian Hadinata dengan sikap sportifnya, mendatangi wasit dan menjelaskan kalau bola telah menyentuh rambutnya lebih dulu sebelum mendarat keluar arena. Wasit mengubah keputusannya dan memberikan angka untuk pasangan China.

Viktor Axelsen

Viktor Axelsen merupakan pemain selanjutnya yang menampilkan sikap kesatria ketika berhadapan dengan Chou Tien Chen di gelaran BWF Super Series Finals 2017 di Dubai.

Kejadian bermula saat netting tipis dari Chou Tien Chen disambar langsung Viktor Axelsen. Namun, sambaran Viktor Axelsen tersebut tidak sempurna karena raketnya menyentuh net.

Sadar bahwa sambaran yang dilakukannya adalah fault, pebulutangkis Viktor Axelsen melihat ke arah wasit, tetapi yang mengejutkan adalah wasit tetap memberikan poin itu kepadanya.

Pebulutangkis Chou Tien Chen pun lantas melakukan aksi protes kepada wasit yang memipin jalannya pertandingan, tetapi wasit tetap bersikeras untuk memberikan poin kepada Viktor Axelsen.

Tidak mau berbuntut panjang, Viktor Axelsen pun kemudian menunjukkan aksi sportivitasnya dengan memberikan poin secara cuma-cuma kepada Chou Tien Chen.

Viktor Axelsen vs Tommy Sugiarto

Viktor Axelsen lagi-lagi menunjukkan sikap kesatrianya pada saat berhadapan dengan Tommy Sugiarto. Kala itu, wakil Indonesia meminta kepada wasit agar lapangannya dipel karena ia merasa sangat licin.

Namun wasit menolak permintaan Tommy Sugiarto dan wakil Indonesia terus melancarkan protes. Tak ingin berlama-lama melihat aksi tersebut, Viktor Axelsen pun lantas membantu Tommy agar permintaannya dikabulkan oleh wasit.

Berkat aksi sportivitas Viktor Axelsen, wasit mengabulkan permintaan Tommy Sugiarto dan lapangan tempatnya bermain pun langsung dipel.