Kutukan Unggulan Pertama Ganda Campuran yang Pernah Hantui Olimpiade

Senin, 22 Juni 2020 14:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ezra Shaw/Getty Images
Melihat lagi sisi kelam sektor ganda campuran yang kerap dihantui kutukan untuk unggulan pertama saat bertanding di panggung Olimpiade. Copyright: © Ezra Shaw/Getty Images
Melihat lagi sisi kelam sektor ganda campuran yang kerap dihantui kutukan untuk unggulan pertama saat bertanding di panggung Olimpiade.

INDOSPORT.COM - Melihat lagi sisi kelam sektor ganda campuran yang kerap dihantui kutukan untuk unggulan pertama saat bertanding di panggung Olimpiade.

Cabang olahraga bulutangkis memang resmi dipertandingkan sejak Olimpiade Barcelona 1992. Namun ternyata tidak semua nomor dipertandingkan pada Olimpiade edisi tahun 1992 tersebut.

Contohnya nomor pertandingan ganda campuran yang baru dipertandingkan di Olimpiade di edisi Olimpiade Atlanta 1996. Namun ada yang menarik dari nomor pertandingan ini, yaitu adanya kutukan bagi pasangan yang menjadi unggulan pertama.

Kutukan tersebut seolah menghantui pasangan yang menjadi unggulan pertama mulai dari edisi Olimpiade Atlanta 1996 sampai dengan Olimpiade Beijing 2008.

Dilansir dari situs olahraga pbdjarum.org, berikut INDOSPORT.com merangkum empat pasangan unggulan pertama yang pernah kena kutukan di panggung Olimpiade:

Park Joo-bong/Ra Kyung-min

Kutukan yang pertama dirasakan langsung oleh pasangan Park Joo-bong/Ra Kyung-min. Pasangan Korea Selatan tersebut diplot sebagai unggulan pertama pada Olimpiade Atlanta 1996.

Berpredikat sebagai unggulan pertama, pasangan Park Joo-bong/Ra Kyung-min sangat mulus langkahnya hingga berhasil menembus partai final.

Seluruh lawan-lawan tangguh dikalahkan oleh pasangan Korea, termasuk pasangan China, Liu Jianjun/Sun Man yang saat itu dikenal dengan pasangan tangguh.

Perjalanan mulus Park Joo-bong/Ra Kyung-min ke partai final, ternyata tidak semulus dengan nasib mereka di partai final. Hanya menghadapi pasangan yang menjadi junior mereka, yakni Kim Dong-moon/Gil Young-ah.

Namun siapa sangka, walaupun hanya menghadapi junior, pasangan Park Joo-bong/Ra Kyung-min gagal meraih medali Olimpiade Atlanta 1996 setelah tersungkur dalam rubber game atas juniornya tersebut.

Tri Kusharjanto/Minarti Timur

Pasangan selanjutnya yang terkena kutukan sebagai ganda campuran unggulan pertama di Olimpiade adalah wakil Indonesia, yakni Tri Kusharjanto/Minarti Timur.

Olimpiade Sydney 2000 mungkin menjadi panggung Olimpiade yang sangat menyesakkan bagi pasangan Indonesia tersebut. Datang sebagai unggulan pertama, duet Tri/Minarti harus kandas di partai final atas pasangan Zhang Jun/Gao Ling setelah kalah dalam pertandingan rubber game.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%