Ellen Angelina, Tunggal Putri Tanah Air Terakhir yang Juara Indonesia Open

Jumat, 26 Juni 2020 20:43 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PB Djarum
Ellen Angelina, tunggal putri indonesia terakhir yang bisa juara Indonesia open. Copyright: © PB Djarum
Ellen Angelina, tunggal putri indonesia terakhir yang bisa juara Indonesia open.

INDOSPORT.COM - Mengenal Ellen Angelina, atlet bulutangkis tanah air terakhir yang menjuarai ajang bulutangkis Indonesia Open di kategori tunggal putri.

Indonesia Open sendiri merupakan salah satu turnamen bulutangkis yang cukup bergengsi di kelas BWF. Tercatat, kompetisi yang mulai digelar sejak tahun 1982 ini telah mendapat status Super 1000. 

Artinya, turnamen yang diselenggarakan di Jakarta tersebut sama levelnya dengan ajang All England di Inggris maupun China Open yang berlangsung di China. 

Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara berhasil menguasai turnamen bulutangkis Indonesia Open ini sepanjang 37 tahun bergulir. 

Tercatat, ada total 83 gelar juara yang berhasil dimenangkan para wakil Indonesia pada ajang Indonesia Open di berbagai nomor yang berbeda.  

Tunggal putra dan ganda putra menjadi nomor yang sering menyumbang gelar. Dua kategori tersebut sejauh ini sudah mempersembahkan 44 gelar juara, yang masih-masing terbagi dalam 22 gelar tunggal putra dan sisanya milik ganda putra. 

China menjadi pesaing terberat Indonesia dalam daftar total gelar juara. Wakil dari negeri Tirai Bambu tersebut tercatat sudah mengoleksi 47 gelar, dengan tunggal putri sebagai nomor yang paling banyak menyumbang medali juara.

Meski menjadi tuan rumah, namun Indonesia kerap gagal meraih gelar juara terutama pada sektor tunggal putri yang berhasil dikuasai China sejak 2002 silam.

Tercatat dalam 18 tahun terakhir gelaran Indonesia Open, sudah ada delapan wakil China yang berhasil meraih gelar juara pada kategori perorangan putri.

Sementara Indonesia sendiri sejauh ini cuma bisa merengkuh 10 gelar Indonesia Open dari tunggal putri, dan itupun terjadi sudah sangat lama atau tepatnya 19 tahun silam.

Srikandi yang berhasil meraih gelar juara tersebut adalah Ellen Angelina. Lantas seperti apa perjalanan Ellen Angelina saat menjuarai Indonesia Open serta kiprahnya di dunia bulutangkis? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas.