Lin Dan Pensiun, Peter Gade: Pemain Terhebat di Badminton

Sabtu, 4 Juli 2020 17:46 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Dua legenda badminton dunia, Peter Gade dan Lin Dan. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Dua legenda badminton dunia, Peter Gade dan Lin Dan.

INDOSPORT.COM – Legenda tunggal putra Denmark, Peter Gade menyebut sosok Lin Dan sebagai pemain terhebat di dunia badminton usai memutuskan untuk gantung raket atau pensiun.

Lin Dan secara mengejutkan telah mengumumkan pengunduran dirinya dari Timnas Bulutangkis China setelah berkecimpung selama 20 tahun berkarier dalam dunia tepok bulu, Sabtu (04/07/20) melalui media sosial pribadinya.

"Dari 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengatakannya," kata peraih medali emas Olimpiade dua kali di Weibo, media sosial seperti twitter China.

Keputusannya untuk pensiun pun langsung mendapatkan reaksi dari berbagai pihak, salah satunya ialah Peter Gade, yang merupakan rival berat pada masanya. Legenda asal Denmark itu pun mengunggah sebuah foto dirinya bersama Super Dan dengan menambahkan caption manis.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Peter Gade Official (@petergadeofficial) on

“Lawan terberat yang pernah saya hadapi dalam karier saya, Lin Dan mampu menjadi inspirasi bagi para penggemar badminton di seluruh dunia. Dia atlet yang luar biasa, dan mungkin yang terhebat sepanjang masa. Berbanggalah dan nikmati hidupmu bersama keluarga, teman dan petualangan baru di masa depan,” tulis Peter Gade.

Sekadar informasi, Lin Dan memang lebih unggul secara head to head dari Peter Gade. Tercatat, legenda badminton tunggal putra asal China itu mampu menang 17 kali dari 21 kali bertanding.

Peter Gade hanya mampu menang empat kali dari Lin Dan yakni mengalahkannya di ajang Copenhagen Masters 2012, Swiss Superseries 2010, China Masters 2006, dan Denmark Open 2002 silam.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%