Pebulutangkis Denmark Carsten Mogensen Umumkan Pensiun

Selasa, 7 Juli 2020 18:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zhong Zhi/Getty Images
Pebulutangkis Denmark, Carsten Mogensen. Copyright: © Zhong Zhi/Getty Images
Pebulutangkis Denmark, Carsten Mogensen.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal Denmark, Carsten Mogensen, mengumumkan pensiun setelah menjalani karier selama 19 tahun. Dia memutuskan pensiun setelah dirinya tersingkir dari para bintang muda yang mulai bersinar di tim nasional.

Dilansir dari media lokal di Denmark, JV, ganda putra Mogensen pensiun di usia 36 tahun setelah dirinya tidak lagi mendapatkan tempat di tim nasional bulutangkis Denmark.

Awalnya, mantan rekan tandem Mathias Boe itu dipasangkan dengan Frederik Sogaard untuk jadi andalan ganda putra Denmark. Namun, rekannya yang baru berusia  22 tahun itu diberi pasangan baru.

Hal ini membuat nasib Mogensen di timnas terkatung-katung sebelum akhirnya dia memutuskan untuk gantung raket. Hal ini dia umumkan lewat pernyataan resmi yang dirilis Federasi Bulutangkis Denmark, Selasa (07/07/20).

“Sayang sekali, saya tidak menemukan tempat di proyek (yang dikembangkan federasi bulutangkis Denmark). Saya berharap bermain sampai 2024, namun itu harus masuk di proyek yang melibatkan diri saya,” kata Mogensen.

Menyusul niatnya itu, Mogensen mengatakan masih akan bermain bulutangkis namun hanya di kompetisi lokal. Selain itu, dia juga akan lebih fokus mengembangkan toko olahraga yang dimiliknya.

“Di sisi lain, saya menghormati Federasi Badminton Denmark yang memprioritaskan para pemain muda untuk proyek jangka panjang. Sedih karena harus pergi, tetapi saya akan terus bermain di liga bulutangkis dan menghabiskan waktu di toko olahraga saya, jadi untungnya saya punya banyak hal yang bisa dilakukan.”

“Dalam kesempatan ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya sepanjang karier saya. Itu sangat berarti,” pungkas Mogensen.

Selama bertahun-tahun, Mogensen dikenal sebagai pemain yang menciptakan duet apik dengan Mathias Boe. Namun, kolaborasi itu harus berakhir pada Maret 2019 dengan berujung perang dingin antar keduanya.

Kala itu Boe sempat mengatakan dia memilih berpisah karena Mogensen sudah tidak lagi tampil prima akibat penyakit aneurisma otak yang dideritanya pada 2016 silam. Omongan Boe ini rupanya malah menyakiti hati Mogensen.

Sejak berpisah, Boe yang memutuskan keluar dari timnas Denmark berpasangan dengan sesama eks pemain timnas Denmark Mads Conrad-Petersen. Namun, Mathias Boe akhirnya pensiun pada April 2020.

Sedangkan Mogensen sempat berduet dengan mantan rekan Conrad-Petersen, Mads Pieler Kolding, sebelum dipasangkan dengan Frederik Sogaard meski akhirnya batal.

Semasa masih bersama, Boe/Mogensen sudah mengoleksi segudang gelar juara, termasuk dua gelar All England. Mereka juga mendapatkan medali perak Olimpiade London 2012.

Kabar ini jadi hal mengejutkan kedua di dunia bulutangkis setelah beberapa hari sebelumnya legenda tunggal putra asal China, Lin Dan, juga memutuskan pensiun.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%