Pelatih Asal Indonesia Punya Rencana Besar untuk Ganda Campuran Malaysia

Kamis, 16 Juli 2020 03:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Paulus Firman, punya rencana besar untuk ganda campuran Malaysia di masa depan. Apa itu?

Resmi ditunjuk Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) awal Mei lalu sebagai kepala pelatih baru ganda campuran Malaysia, Paulus Firman siap melakukan banyak terobosan untuk meningkatkan kualitas pasukan Negeri Jiran.

Dilansir The Star, pelatih bulutangkis asal Indonesia itu ingin membawa darah segar ke skuat ganda campuran Malaysia untuk menyambut Olimpiade Paris 2024 yang akan digelar empat tahun dari sekarang.

Setidaknya saat ini, ada empat pasangan yang berada di bawah arahan Paulus Firman, dan dari keempat pasangan itu, yang paling tua adalah Goh Soon Huat yang berusia 30 tahun dan Cheng Tang Jie dan Hoo Pang Ron yang berusia 22 tahun menjadi yang termuda.

Diakui oleh pelatih bulutangkis asal Indonesia tersebut, dirinya sangat menginginkan lebih banyak pemain lagi di sektor ganda campuran Malaysia untuk bisa meraih hasil maksimal di Olimpiade Paris 2024.

"Dengan asisten (Teo) Kok Siang, kita harus dapat menangani maksimal enam pasangan. Kami benar-benar ingin mengikat lebih banyak pemain, tetapi kami tidak terburu-buru karena pandemi Covid-19," ujar Paulus Firman.

“Kami mungkin harus menunggu sampai tahun depan.Kami tentu harus meningkatkan opsi pemasangan kami. Para pemain yang akan kami bawa harus berusia di bawah 21 tahun. Para pemain ini akan ditargetkan untuk Paris 2024," tambahnya.

Demi mewujudkan rencananya tersebut, pelatih bulutangkis Indonesia telah berbicara kepada Direktur Pelatihan BAM, Wong Choong Hann untuk memasukkan semua pemain muda ganda di dua sektor pada turnamen bulutangkis di tahun 2021.

“Sama sekali tidak ada masalah dalam membuat anak-anak bermain di dua acara. Mereka memiliki lebih dari cukup energi dan api di dalamnya," lanjutnya.

Dituturkan lebih lanjut oleh Paulus Firman, bermain di banyak pertandingan akan sangat menguntungkan bagi pemain dan akan membuat mereka lebih mudah untuk menyeleksi pemain muda mana yang cocok dimasukkan ke sektor ganda campuran Malaysia.

“Bermain di lebih banyak pertandingan hanya akan membuat mereka lebih baik. Dengan memiliki lebih banyak pemain untuk dipilih, kami akan dapat mengidentifikasi kandidat yang cocok untuk acara ganda campuran," pungkasnya.

Sekarang, misi besar yang harus dilakukan Paulus Firman adalah membawa dua pasangan Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, lolos ke Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada 2021.