Sindhu dan Nehwal Jadi Alasan Bulutangkis Mulai Digemari di India

Senin, 20 Juli 2020 18:05 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/Getty Images
Sindhu dan Nehwal Jadi Alasan Bulutangkis Mulai Digemari di India Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Sindhu dan Nehwal Jadi Alasan Bulutangkis Mulai Digemari di India

INDOSPORT.COM - Pelatih bulutangkis India, Pullela Gopichand mengklaim bahwa sosok Sindu dan Nehwal adalah alasan kenapa bulutangkis mulai digemari di negaranya.

India menjadi salah satu negara yang sempat dipandang remeh dalam hal prestasi olahraga khususnya di bidang bulutangkis. Meski menempati peringkat penduduk terbanyak kedua di dunia, India memang terlihat kesulitan dalam melahirkan atlet terbaik dalam olahraga tepok bulu.

Kendati demikian, akhirnya muncul dua sosok yang hebat seperti Pusarla V Sindu dan Saina Nehwal yang mampu mengangkat prestasi bulutangkis India. Hal tersebut dikarenakan banyaknya prestasi yang mereka berdua bawah demi mengharumkan negaranya tersebut.

Keberhasilan dari Sindhu dan Nehwal di tingkat dunia telah menjadikan bulutangkis sebagai olahraga yang paling berkembang di India dalam dekade terakhir ini. Hal tersebut juga diyakini oleh pelatih kepala India, Pullela Gopichand.

Gopichand mengatakan ketika dirinya mulai melatih pada tahun 2004 dengan 25 peserta pelatihan yang termasuk di dalamnya adalah Sindhu, Saina Nehwal dan Srikkanth di Hyderabad, tidak ada yang mengira India memiliki pemain kelas dunia semacam itu.

“Saya dapat mengatakan, ini adalah olahraga yang paling berkembang di negata ini dalam 10 tahun terakhir. Ketika saya memulai karir kepelatihan saya pada tahun 2004, hanya ada 10 lapangan  layak di Hyderabad tetapi sekrang ada lebih banyak,” kata Gipochand dilansir dari India Express.

Selain itu, terdapat banyak juga akademi yang dibangun di India saat ini. Bahkan ada beberapa peserta yang datang dari luar negeri untuk berlatih bersama dirinya di Hyderabad.

“Ada begitu banyak akademi yang muncul di negara ini, banyak anak-anak diseluru negeri dan bahkan ada dari luar negeri yang berlatih ke akademi saya. Lebih parahnya orang tuanya lebih memilih tinggal disini menemani anaknya,” tambahnya.

Terlebih Gapichand juga mengungkapkan bahwa tidak ada satu pun orang dinegara tersebut berpikir bahwa ia dapat menghasilkan pemain hebat seperti Sindhu dan Nehwal di kanca dunia sejak dirinya memulai melatih pada tahun 2004.

Selama menjadi pelatih bulutangkis di India, tentu Gapichand memiliki rahasia sendiri yang bisa membuat dua nama asal India menajdi pesaing yang tidak bisa di anggap remeh.

Bulutangkis India mulai diperhatikan dunia setelah Saina Nehwal berhasil menembus perempat final Olimpiade Beijing 2008 silam. Setelah itu dirinya berhasil meraih enam gelar juara BWF Superseries pada tiga tahun berikutnya.

Sedangkan empat tahun berselang, Pusarla Benkata Sindhu alias PV Sindhu memperbaiki pencapaian terbaik bulutangkis India pada ajang Olimpiade. Ia berhasil membawa pulang medali perak di Olimpiade Rio 2016 lalu.