Rafael Nadal Kenang Memori Olimpiade yang Paling Sulit Dilupakan

Jumat, 31 Juli 2020 16:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Rafael Nadal punya pengalaman tak terlupakan di Olimpiade Rio 2016. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Rafael Nadal punya pengalaman tak terlupakan di Olimpiade Rio 2016.

INDOSPORT.COM - Petenis peraih 19 Grand Slam, Rafael Nadal, punya pengalaman yang tak bisa ia lupakan saat berpartisipasi di ajang Olimpiade Rio 2016.

Meski berhasil meraih medali emas di event tersebut, nyatanya ada hal lain yang membuat Nadal tak bisa move on, yakni ketika ia mendapat amanat sebagai pembawa bendera (flag bearer) negaranya, Spanyol.

“Pengalaman pribadi saya di Olimpiade selalu berkesan dan tentu saja menjadi pembawa bendera di Olimpiade Rio adalah momen yang tak terlupakan,” ucap Rafael Nadal, seperti dikutip dari laman berita tenis EsentiallySports.

Menurut pria yang kini berusia 34 tahun tersebut, tugas membawa bendera merupakan sebuah kehormatan yang tak ternilai harganya sebagai warga negara. Apalagi, ia juga mewakili Spanyol sebagai seorang atlet.

Nadal mengaku sangat senang dan menjadikannya sebuah pengalaman yang berharga. Saking berkesannya, ia sendiri sampai sulit menggambarkan perasaannya bisa berbagi momen bersama rekan-rekan dan juga para delegasi Spanyol.

“Jika energi yang Anda rasakan saat berada di tengah upacara pembukaan saja sudah luar biasa, bayangkan Anda adalah orang pertama yang berjalan mewakili negara Anda. Semoga pada kesempatan selanjutnya saya bisa sebahagia ini,” ujarnya lagi.

Kebahagiaan Rafael Nadal di Olimpiade Rio 2016 pun semakin lengkap dengan medali emas yang disabetnya di nomor ganda cabor tenis. Saat itu, ia bersama pasangannya, Marc Lopez, berhasil mengalahkan Florin Mergea/Horia Tecau dari Rumania.

Prestasi ini pun menambah daftar medali Nadal setelah ia memenangkan emas di Olimpiade Beijng 2008. Bermain secara tunggal, ia berhasil menaklukkan petenis Chile, Fernando Gonzalez.

Rafael Nadal tentu sangat berharap bisa berpartisipasi dan menyumbang kontribusi besar lagi bagi Spanyol di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Akan tetapi, sayangnya ajang tersebut harus ditunda tahun depan akibat pandemi virus corona.