Punya Takhayul Tiap Mau Bertanding, Ini Penjelasan Rafael Nadal

Jumat, 24 Juli 2020 20:51 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Clive Brunskill/Getty Images
Petenis Spanyol, Rafael Nadal memetik kemenangan atas Nick Kyrgios dari Australia pada hari kedelapan Australia Terbuka 2020. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Petenis Spanyol, Rafael Nadal memetik kemenangan atas Nick Kyrgios dari Australia pada hari kedelapan Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM - Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal punya sejumlah kebiasaan unik saat bertanding hingga dianggap punya takhayul.

Salah satu kebiasaan unik yang dilakukan oleh Rafael Nadal adalah meletakkan dua botol minum secara sejajar di depan bangkunya.

Botol itu terdiri dari air hangat dan air dingin. Setiap kali meneguk minuman tersebut, Nadal selalu membetulkan posisinya seperti semula.

Ada lagi kebiasaan tidak pernah menginjak garis di lapangan dan selalu melangkah masuk atau keluar lapangan dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Semua rutinitas atlet tenis asal Spanyol itu dirangkum dalam sebuah video YouTube berjudul "Rafael Nadal Top 10 Superstitions/Tics That He Always Does". Meski demikian, Rafael Nadal tidak mau bilang bahwa kebiasaan itu adalah bagian dari takhayul yang dipercayainya.

"Manusia bisa saja memiliki rutinitas untuk mengulangi hal yang sama. Saya terbiasa rapi, rutinitas sebelum pertandingan selalu persis sama. Saya mencoba mengulanginya dengan sempurna setiap hari," ujar Nadal dilansir dari Tennis World USA.

Rutinitas itu membuat petenis berusia 44 tahun tersebut mendapatkan ketenangan dan rasa percaya dirinya akan semakin meningkat.

"Saya meletakkan kedua botol di kaki, di depan kursi sebelah kiri. Botol itu terjajar dengan rapi, secara diagonal mengarah ke lapangan. Beberapa orang menyebutnya takhayul, tetapi sebenarnya tidak seperti itu," sambungnya lagi.

Terlepas dari kebiasaan unik itu, Rafael Nadal kini sedang mempersiapkan turnamen Madrid Terbuka 2020 yang akan dilangsungkan pada September mendatang.