Termasuk dari Indonesia, 5 Calon Bintang Badminton Masa Depan (Bagian 1)

Selasa, 4 Agustus 2020 17:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulutangkis Spanyol, Carolina Marin mengalahkan pebulutangkis Korea, An Se-young pada babak perempatfinal Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, (17/01/20). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulutangkis Spanyol, Carolina Marin mengalahkan pebulutangkis Korea, An Se-young pada babak perempatfinal Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, (17/01/20).

INDOSPORT.COM – Persaingan di bulutangkis dunia sudah kian merata di semua sektor. Terbukti dengan munculnya bintang-bintang baru bulutangkis yang hadir dari negara-negara yang sebelumnya tidak termasuk powerhouse seperti China dan Indonesia.

Para pemain asal Indonesia pun harus cukup waspada dengan terbitnya calon-calon bintang masa depan.

Namun hal ini patut diapresiasi karena dengan meratanya kekuatan di berbagai negara, bulutangkis diharapkan mampu meningkatkan kepopulerannya hingga menjadi salah satu olahraga yang diperhitungkan di dunia.

Berikut ini INDOSPORT rangkum lima calon bintang badminton masa depan, sebagaimana dirangkum dari laman Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

An Se-young

Tunggal putri asal Korea Selatan ini melejit selama 2019. Masih berusia 18 tahun, An Se-young memborong lima gelar BWF World Tour sekaligus di tahun lalu, termasuk French Open Super 750 kala ia mengalahkan Carolina Marin di babak final.

Maka tak heran jika ia akhirnya diganjar dengan penghargaan Eddy Choong Most Promising Player 2019 di hajatan BWF World Tour Finals akhir tahun lalu. Pebulutangkis peringkat 9 BWF ini pun dipercaya mampu merusak dominasi atlet China di sektor tunggal putri masa depan.

BWF pun memprediksi An Se-young akan menjadi calon bintang dengan bermodalkan mental dan fisik yang kuat.

Riko Gunji

Nama Riko Gunji mulai mencuri perhatian ketika menjadi Juara Dunia Junior pada tahun lalu. Riko Gunji lalu digadang-gadang sebagai penerus tunggal putri top Jepang saat ini, Akane Yamaguchi.

Pasalnya, tak hanya mulai unjuk gigi di panggung junior, Riko Gunji juga memiliki postur dan fisik yang mirip dengan sang idolanya tersebut.

Kunlavut Vitidsarn

Di panggung junior, prestasinya sudah bukan kaleng-kaleng. Tunggal putra asal Thailand ini sukses hattrick gelar juara dunia junior sejak 2017 hingga 2019.

Di level turnamen International Challenge, Kunlavut sudah mondar-mandir di podium juara, termasuk Spanish International dan Finnish Open 2019. Pemain 19 tahun ini kemudian menjadi runner up di Spain Masters Super 300 usai menyulitkan Viktor Axelsen.

Kini Kunlavut menghuni peringkat 29 dunia dan peringkat 9 di World Tour ranking.

IDS Emoticon Suka
Suka
7%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
13%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%