2 Raja Tunggal Putra Tanpa Mahkota Piala Thomas

Kamis, 6 Agustus 2020 07:38 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Visual China Group via Getty Images
Peter Gade dan Lee Chong Wei Copyright: © Visual China Group via Getty Images
Peter Gade dan Lee Chong Wei

INDOSPORT.COM - Berstatus sebagai raja tunggal putra di masanya, kedua pebulutangkis ini rupanya belum pernah mencicipi rasanya mengangkat Piala Thomas, siapa saja mereka?

Piala Thomas menjadi salah satu kompetisi beregu bergengsi di bulutangkis, dan setiap pebulutangkis pasti sangat ingin mengangkat trofi tersebut. Sayangnya, hal itu belum mampu dilakukan oleh dua raja tunggal putra yakni Lee Chong Wei dan Peter Gade.

Peter Gade dan Lee Chong Wei diketahui merupakan member dari Big Four Kings yang juga diisi oleh Lin Dan dan Taufik Hidayata. Tetapi, baik Lin Dan maupun Taufik Hidayat diketahui telah tahu rasanya mengangkat trofi Piala Thomas ketika membela negaranya mereka masing-masing yakni China dan Indonesia.

Namun, berbeda dengan Peter Gade dan Lee Chong Wei yang harus puas dengan medali perak saja. Prestasi terbaik Lee Chong Wei bersama Malaysia di Piala Thomas datang di tahun 2010, dimana ia berhasil mempersembahkan medali perak untuk negaranya.

Lee Chong Wei memulai debutnya di Piala Thomas pada tahun 2004, dimana pada tahun itu Malaysia harus puas mencapai babak perempatfinal. Di tahun 2006, ia kembali memperkuat negaranya, namun kali ini pencapaiannya lebih baik yaitu meraih medali perunggu di turnamen beregu tersebut.

Pada edisi Piala Thomas 2008, Lee Chong Wei bersama Malaysia, lagi-lagi berhasil meraih medali perunggu, dan itu berlanjut ketika ia bermain di hadapan pendukung sendiri, dimana pasukan Negeri Jiran sekali lagi harus puas dengan medali perunggu.

Pada tahun 2012, Lee Chong Wei hanya berhasil mengantarkan Malaysia mencapai babak perempatfinal, tetapi dua tahun kemudian tepatnya di tahun 2014, ia berhasil membawa tim Negeri Jiran mencapai posisi runner-up dan itulah prestasi terbaiknya.

Pada tahun 2016, Lee Chong Wei mengantarkan Malaysia meraih medali perunggu, tetapi dua tahun berikutnya tepatnya di tahun 2018, ia hanya mengantarkan Malaysia hingga babak perempatfinal saja setelah kalah dari Indonesia dengan skor 1-3.

Berbeda dengan Lee Chong Wei, berbeda pula dengan Peter Gade. Wakil Denmark itu berhasil membawa negaranya menjadi dua kali runner-up di gelaran Piala Thomas secara beruntun.

Peter Gade berhasil membawa Denmark meraih dua medali perak di kompetisi Piala Thomas pada edisi 2004 dan 2006. Tetapi, bukan itu medali pertama yang dipersembahkannya untuk negaranya, karena di edisi 1998 dan 2000, ia berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk Denmark.

Hingga akhirnya pada tahun 2012 sebelum dirinya mengumumkan pensiun, Peter Gade mempersembahkan medali perunggu untuk Denmark di gelaran Piala Thomas dan itu menjadi medali terakhir yang ia persembahkan untuk negara tercintanya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%