Jeda Turnamen BWF Bikin Gronya dan Setyana Diuntungkan Jelang Olimpiade

Sabtu, 8 Agustus 2020 13:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gronya Somerville/Setyana Mapasa, pebulutangkis asal Australia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gronya Somerville/Setyana Mapasa, pebulutangkis asal Australia.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Australia Gronya Somerville menyebut tertundanya sejumlah kompetisi BWF karena virus corona bisa menguntungkan dirinya dan pasangan, Setyana Mapasa.

Melalui kolomnya di Exclusive Insight, Gronya menulis panjang soal pasang surut persahabatannya bersama pebulutangkis asal Manado itu.

Gronya kemudian menyebut bahwa jeda turnamen bulutangkis saat ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin demi mempersiapkan diri jelang hajatan Olimpiade yang diundur hingga tahun depan.

“Justru, tertundanya pertandingan besar BWF, seperti juga Olimpiade Tokyo, mungkin menguntungkan Setyana dan saya dalam jangka waktu yang panjang,” tulis Gronya.

“Bertambahnya waktu kami bersama bisa membuat hubungan kami lebih dekat daripada saat ini.”

Saat ini Gronya/Setyana menempati peringkat 26 BWF di sektor ganda putri. Namun dalam persaingan menuju Olimpiade, mereka menempati peringkat 24 dan masih berpeluang besar terbang ke Tokyo untuk bertanding.

Sebelumnya, Gronya juga buka-bukaan mengenai persahabatannya dengan Setyana Mapasa yang tumbuh sejak dipasangan lima tahun silam. 

“Sejauh proses kualifikasi Olimpiade, ini adalah tahun yang sibuk dengan bepergian ke berbagai turnamen bersama partner saya, Setyana Mapasa. Kami telah berkompetisi di 23 turnamen BWF di seluruh dunia,” tulisnya.

“Bisa dibilang kita mulai mengenal seseorang setelah bersama-sama di perjalanan selama setahun penuh!”

Sifat keduanya yang sama-sama kompetitif dan independen pun diakui pebulutangkis 25 tahun itu memberikan keuntungan sebagai atlet.

“Itu adalah sifat kami berdua yang sama-sama kami hormati ketika pertama kali bertemu. Kami sama-sama terpacu untuk menjadi atlet sebaik mungkin.”

Gronya dan Setyana yang sama-sama berusia 25 tahun sudah mengoleksi beberapa gelar bersama, di antaranya Canada Open 2019 dan 2016 serta Dutch Open 2016.