3 Fakta Judy Devlin, Pebulutangkis Putri Tersukses dengan Koleksi 80 Gelar

Senin, 17 Agustus 2020 16:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Judy Devlin di ajang All England. Copyright: © S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Judy Devlin di ajang All England.

INDOSPORT.COM – Judy Devlin, merupakan pebulutangkis putri tersukses yang berhasil mengoleksi 80 gelar juara sepanjang kariernya. Berikut ini deretan fakta mengenai legenda asal Kanada itu.

Berbicara soal pebulutangkis putri di generasi masa kini, kita selalu sering mendengar nama-nama seperti Gregoria Mariska, Putri Kusuma Wardhani, dan Fitriani.

Dari negara lain, kita juga pernah mendengar deretan ratu bulutangkis, seperti Nozomi Okuhara dan Akane Yamaguchi (Jepang), Ratchanok Intanon(Thailand), Saina Nehwal (India) hingga Tai Tzu Ying (Chinese Taipei).

Pada generasi sebelumnya, kita juga mengenal nama-nama legenda seperti Susy Susanti, Sarwendah Kusumawardhani dari Indonesia. Namun, jauh sebelum itu, kita harus mengenal sosok Judy Devlin.

Judy Devlin, yang memiliki nama lengkap Joseph Francis Devlin dikenal sebagai pebulutangkis yang pernah mendominasi tunggal dan ganda putri di era 1950-an hingga pertengahan 1960-an.

Judy Devlin merupakan pemain kelahiran Kanada dari orang tua yang juga berkarier di dunia olahraga. Ayahnya, Frank Devlin adalah legenda bulutangkis Irlandia dan ibunya petenis kelas Wimbledon.

Di sepanjang kariernya, dia telah memenangkan lebih dari 80 gelar dalam kompetisi individu, termasuk All England dan Piala Uber. Ini membuat dia jadi pemain wanita paling sukses dalam sejarah bulutangkis.

Berkat torehannya itu, dia juga dilantik masuk dalam Hall of Fame Olahraga Wanita Internasional tahun 1995, dan Hall of Fame Federasi Bulutangkis Internasional (sekarang BWF) pada tahun 1997.

Nah, di balik kesuksesannya itu, terdapat tiga fakta yang selama ini belum diketahui oleh para pecinta bulutangkis. Berikut ini tiga fakta yang dipaparkan INDOSPORT: