On This Day: Chen Long Pupuskan Harapan Lee Chong Wei Raih Medali Emas Olimpiade

Kamis, 20 Agustus 2020 14:12 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shi Tang/Getty Images
Hari ini, 20 Agustus 2016 empat tahun yang lalu, pebulutangkis China, Chen Long memupuskan harapan Lee Chong Wei untuk meraih medali emas Olimpiade. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Hari ini, 20 Agustus 2016 empat tahun yang lalu, pebulutangkis China, Chen Long memupuskan harapan Lee Chong Wei untuk meraih medali emas Olimpiade.

INDOSPORT.COM - Hari ini, 20 Agustus 2016 empat tahun yang lalu, pebulutangkis China, Chen Long memupuskan harapan legenda Malaysia, Lee Chong Wei untuk meraih medali emas Olimpiade.

Pada 20 Agustus 2016 lalu, dua pebulutangkis terbaik dunia, yakni Chen Long dan Lee Chong Wei saling berhadapan di final Olimpiade Rio 2016 pada sektor tunggal putra untuk memperebutkan medali emas.

Dalam pertandingan yang berlangsung selama 74 menit tersebut, Chen Long berhasil menang meyakinkan atas Lee Chong Wei untuk mengklaim medali meas perdananya di ajang Olimpiade.

Lewat pertarungan dua game, Chen Long sukses menaklukkan Lee Chong Wei dengan skor akhir 21-18, 21-18. Hasil tersebut pun memupus harapan legenda Malaysia untuk bisa meraih medali emas di sepanjang kariernya saat bermain bulutangkis.

Lee Chong Wei diketahui berhasil mencapai babak final Olimpiade tiga kali di tahun 2008, 2012 dan yang terkahir di tahun 2012. Tetapi, dari ketiga partai final yang dilakoninya tersebut, legenda Malaysia tidak berhasil membawa medali emas.

Dimulai dari Olimpiade Beijing 2008, Lee Chong Wei yang berhadapan dengan Lin Dan di partai final harus menelan kekalahan dalam pertandingan straight games dengan skor akhir 12–21, 8–21 dan harus menerima dengan lapang dada kalau ia harus meraih medali perak.

Selanjutnya di edisi Olimpiade London 2012, dimana Lee Chong Wei lagi-lagi harus takluk dari lawan yang sama yakni Lin Dan, tetapi pertarungan mereka kali ini jauh lebih sengit hingga babak rubber game dengan skor akhir 21–15, 10–21, 19–21.

Di edisi Olimpiade Rio 2016, Lee Chong Wei berhasil revans dari Lin Dan, tetapi sayang, itu bukan di partai final, melainkan di partai semifinal, dan di partai final ia harus berhadapan dengan wakil China lainnya yaitu Chen Long.

Banyak yang memprediksi bahwa Olimpiade rio 2016 akan menjadi tahunnya Lee Chong Wei untuk meraih medali emas setelah dirinya berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya, Lin Dan di babak semifinal dan berhadapan dengan pemain yang lebih junior darinya.

Namun ternyata semua anggapan itu salah. Hal yang terjadi justru sebaliknya, Lee Chong Wei lagi-lagi harus menelan kekalahan dari wakil China dan terpaksa mengakhiri karier bulutangkisnya tanpa raihan medali emas Olimpiade.