Terkait Kasus Corona, 2 Pemain Dicoret dari Southern & Western Terbuka

Kamis, 20 Agustus 2020 13:18 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Peter Staples/ATP Tour via Getty Images
Novak Djokovic berlatih jelang Southern & Western Terbuka 2020 di Billie Jean King National Tennis Center. Copyright: © Peter Staples/ATP Tour via Getty Images
Novak Djokovic berlatih jelang Southern & Western Terbuka 2020 di Billie Jean King National Tennis Center.

INDOSPORT.COM – Dua petenis dicoret dari turnamen pemanasan untuk AS Terbuka, yakni Western & Southern Terbuka, Kamis (20/08/20) usai melakukan kontak dengan seseorang yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

Panitia turnamen tersebut merilis pernyataan bahwa dua petenis yang tidak diberi tahu namanya itu kini sedang dalam karantina dan dipindah dari lapangan turnamen.

Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) mengumumkan satu orang yang bukan pemain, mendapat hasil positif dari 1.400 tes Covid-19 yang dilakukan dalam protokol kesehatan jelang turnamen Western & Southern Terbuka.

Orang tersebut positif dalam tes kedua setelah kedatangannya di area turnamen dan diminta untuk melakukan isolasi selama 10 hari.

Penelurusan kontak menunjukkan bahwa ada dua pemain yang melakukan kontak dengan pasien tersebut. Namun kedua pemain ini tak menunjukkan gejala apa pun

CEO USTA Mike Dowse mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi adanya hasil tes yang positif dalam turnamen ini.

“Secara matematis kami menduga bakal ada yang positif. Jadi kami sudh mengantisipasinya dan kami melakukan protokol spesifik untuk mencegah penyebarannya. Prioritas nomor satu adalah menangani orang ini lalu mencegah penyebaran virusnya,” tutur Dowse, dikutip dari Washington Post.

Turnamen Western & Southern Terbuka biasanya diselenggarakan di Cincinnati. Namun edisi tahun ini dipindahkan ke New York karena adanya pandemi virus corona dan diadakan sepaket dengan AS Terbuka. Novak Djokovic dan Andy Murray sudah berada di lokasi untuk berpartisipasi dalam turnamen ini,