Haru! Transplantasi Ginjal Buat 2 Pebulutangkis Ini Temukan Cinta

Senin, 7 September 2020 16:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Rowan Griffiths/Daily Mirror
Zoe Buchanan dan Lucy Young Copyright: © Rowan Griffiths/Daily Mirror
Zoe Buchanan dan Lucy Young

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal Inggris, Zoe Buchanan dan Lucy Young, menjadi pasangan fenomenal di dalam dan di luar lapangan setelah keduanya sama-sama pernah menerima transplantasi ginjal.

Zoe Buchanan (25 tahun) dan Lucy Young (22 tahun) awalnya bertemu sebagai rival di lapangan bulutangkis. Dilansir dari Sport Mirror, kedua pebulutangkis ini rupanya sama-sama pernah menerima transplantasi ginjal dari orang tua mereka masinng-masing.

Keduaya mendapatkan donor ginjak dari orang tua mereka setelah organ mereka sendiri mengalami kerusakan lantaran komplikasi yang berpotensi mematikan.

Mengalami Gagal Ginjal

Zoe yang berasal dari Kepulauan Shetland, terlahir dengan sindrom Russell-Silver, sebuah kelainan genetik yang memengaruhi pertumbuhannya.

Salah satu ginjalnya berukurang tiga kali lebih besar dari yang lain dan tidak ada yang berfungsi dengan baik.  Saat usianya masih remaja, dia harus menggunakan mesin dialisis selama 12 jam sehari.

Ketika kondisi ginjalnya rusak hingga stadium akhir, ibunya Jill akhirnya mengorbankan salah satu ginjalnya untuk diberikan kepada putrinya agar tidak terlalu lama berada di daftar tunggu penerima donor.

“Ini sangat menakutkan. Film favorit saya saat kecil adalah Finding Nemo dan ada kalimat ‘Ketika hidup membuat Anda sedih, teruslah berenang’. Itu menjadi moto hidup saya. Saya sekarang memiliki tato ‘Terus berenang’ di lengan saya,” kata Zoe saat mengisahkan penyakitnya tersebut.