Simulasi Piala Uber: Duel Ruselli Hartawan vs Putri KW Jadi Big Match

Selasa, 8 September 2020 20:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Badminton Indonesia
Pertandingan antara Ruselli Hartawan vs Putri Kusuma Wardani di simulasi Piala Uber yang digelar PBSI bakal sangat dinantikan oleh pelatih PB Djarum, Dionysius Hayom Rumbaka. Copyright: © Badminton Indonesia
Pertandingan antara Ruselli Hartawan vs Putri Kusuma Wardani di simulasi Piala Uber yang digelar PBSI bakal sangat dinantikan oleh pelatih PB Djarum, Dionysius Hayom Rumbaka.

INDOSPORT.COM – Pertandingan antara Ruselli Hartawan vs Putri Kusuma Wardani di simulasi Piala Uber yang digelar PBSI bakal sangat dinantikan oleh pelatih PB Djarum, Dionysius Hayom Rumbaka. 

Persatuan Bulutangkis Se-Indonesia sebentar lagi akan menyelenggarakan turnamen internal untuk simulasi Piala Uber 2020. Turnamen bertajuk MOLA TV PBSI Piala Thomas and Uber Simulation ini akan berlangsung pada tanggal 9 – 11 September 2020.

Sebagai laga pembuka, turnamen ini akan mempertemukan antara tim Banteng melawan tim Harimau. Berdasarkan susunan pemain, ada duel antara tunggal putri Ruselli Hartawan yang mewakili tim Banteng melawan Putri Kusuma Wardani dari tim Harimau.

Duel dua tunggal putri muda ini bakal menjadi big match, mengingat ini menjadi pertemuan perdana mereka. Hayom Rumbaka yang bakal ikut menyaksikan turnamen simulasi ini pun tak sabar melihat kekuatan masing-masing pemain dalam duel nanti.

“Itukan simulasi buat pemanasan sebelum Piala Thomas Uber, pastinya lagan anti akan berjalan seimbang. Mereka memiliki kelebihan masing-masing,” kata Hayom Rumbaka seprti dilansir dari situs resmi PB Djarum.

“Di lain sisi,  pada Home Tournamen kemarin Putri memiliki catatan bagus. Tapi Ruselli tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka pasti akan mengeluarkan segela kemampuan. Jadi siapa yang bisa pegang permainan, dialah pemenangnya,” tandas Hayom.

Sebagaimana diketahui, Ruselli saat ini menduduki peringkat ke-35 dunia sehingga dia bakal lebih diunggulkan dalam laga nanti. Namun, prestasi Ruselli sendiri belum bisa dikatakan mentereng, dengan pencapaian tertinggi yang diraih oleh Ruselli hanya meraih medali perak perorangan SEA Games 2019 lalu.

Di sisi lain, Putri Kusuma Wardani belakangan muncul sebagai pemain yang fenomenal  meski posisinya masih berada di peringkat ke-262 dunia. Dia mencatatkan prestasi di level junior, seperti membawa tim Indonesia menjadi juara beregu BWF World Junior Championships 2019 lalu dan juara Exist Jakarta Junior International Series 2019 lalu.

Lebih dari itu, bila melihat hasil pertandingan internal yang digelar PBSI pada bulan Juli lalu, Putri menjadi momok yang ditakuti. Dia mampu menaklukkan pemain unggulan Gregoria Marisk di babak penyisihan grup dan Fitriani di babak perempat final. Walau di babak final Putri harus menelan kekalahan dari Gregoria.

Catatan ini bisa membuat Putri KW menggeser posisi Choirunnisa sebagai unggulan keempat tunggal putri yang berpotensi masuk ke skuat Piala Uber Indonesia.

Turnamen Piala Uber sendiri digelar bersamaan dengan Piala Thomas pada 3 – 11 Oktober mendatang di Aarhus, Denmark.