Perlukah PBSI Tarik Tommy Sugiarto ke Piala Thomas 2020?

Kamis, 10 September 2020 20:06 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Humas PBSI
Tommy Sugiarto, salah satu tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, namun pertanyaannya perlukah PBSI membawanya ke Piala Thomas 2020? Copyright: © Humas PBSI
Tommy Sugiarto, salah satu tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, namun pertanyaannya perlukah PBSI membawanya ke Piala Thomas 2020?

INDOSPORT.COM - Tommy Sugiarto, salah satu tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, namun pertanyaannya perlukah PBSI membawanya ke Piala Thomas 2020?

Piala Thomas 2020 dinilai merupakan momentum yang pas bagi Indonesia untuk membawa pulang kembali trofi yang sudah 18 tahun lamanya tidak mudik ke Tanah Air sejak terakhir kali dimenangkan pada tahun 2002.

Dihuni oleh pebulutangkis yang mumpuni, Indonesia dinilai sudah memiliki bekal yang cukup untuk bisa merebut kembali trofi Piala Thomas pada tahun ini. Namun tunggu dulu, meskipun menjadi kandidat utama yang akan memenangkan trofi, ada satu masalah yang masih membayangi skuat bulutangkis Tanah Air.

Masalah tersebut tak lain dan tak bukan berasal dari sektor tunggal putra Indonesia yang dinilai masih tampil inkonsisten. Di mana keadaan ini berbanding terbalik dengan skuat ganda putra yang sudah dihuni oleh pemain-pemain berkualitas dengan mental juara yang tak perlu diragukan lagi.

Dari masalah soal konsistensi tersebut, muncullah satu nama yang banyak dikatakan layak untuk dibawa Indonesia ke Piala Thomas 2020. Siapa lagi kalau bukan Tommy Sugiarto yang merupakan eks pebulutangkis Pelatnas yang saat ini meniti karier sebagai pebulutangkis profesional.

Namun pertanyaannya, apakah benar PBSI sangat harus menarik Tommy Sugiarto untuk memperkuat skuat bulutangkis Indonesia yang akan dibawa ke Piala Thomas 2020?

Bagi INDOSPORT.com, PBSI mungkin tidak perlu membawa Tommy Sugiarto ke Piala Thomas 2020 dengan alasan berikut ini:

PBSI Sudah Gelar 2 Turnamen Internal

PBSI diketahui telah menggelar dua turnamen internal, yakni PBSI Home Tournament dan Simulasi Piala Thomas 2020. Dari dua turnamen bulutangkis internal yang digelar tersebut, setidaknya para pemain Pelatnas perlahan-lahan telah mendapatkan kembali hawa kompetitif.

Di mana hawa sudah lama tidak mereka dapatkan dalam kurun beberapa bulan terakhir akibat absennya turnamen internasional karena Pandemi Corona.

Sementara jika dibandingkan dengan Tommy Sugiarto yang berstatus sebagai pemain independen, tentunya dirinya belum kembali merasakan hawa kompetitif.

Mengapa? karena tidak dapat dipungkiri ketika seorang pebulutangkis memilih berkarier sebagai pemain profesional, ada banyak hal yang tidak bisa dilakukannya secara leluasa.

Terlebih lagi saat ini pandemi Corona belum juga usai, pastilah akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar bagi anak Icuk Sugiarto untuk bisa kembali merasakan hawa kompetitif lagi.

Jika PBSI memutuskan untuk membawanya pasti akan menjadi blunder tersendiri. Sebab, mereka harus menunggu Tommy Sugiarto untuk bisa kembali bugar dan kembali bermain secara kompetitif lagi, sementara target mereka membawa pulang trofi Piala Thomas 2o20.