Dua Kali Positif Corona, Petenis Prancis Diizinkan Main di Jerman Terbuka

Kamis, 24 September 2020 09:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Daniel Bockwoldt/picture alliance via Getty Images
Pemain tenis asal Prancis, Benoit Paire, berlaga di Jerman Terbuka 2020. Copyright: © Daniel Bockwoldt/picture alliance via Getty Images
Pemain tenis asal Prancis, Benoit Paire, berlaga di Jerman Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM - Petenis asal Prancis Benoit Paire diizinkan untuk berlaga di Jerman Terbuka yang berlangsung di Hamburg, meskipun mendapatkan hasil positif dalam dua tes virus corona.

Paire mundur dari laga pembuka saat tertinggal dari Casper Ruud, 6-4 dan 2-0 pada Rabu (23/09/20) kemarin. Panitia tur ATP mengklaim bahwa sang pemain mengalami pusing.

Sebelumnya, petenis 31 tahun itu mundur dari AS Terbuka setelah positif corona dan menghabiskan waktunya di isolasi selama lebih dari seminggu. Ia kemudian bermain di Italia Terbuka pekan lalu, kalah di babak pertama.

Mengutip media Jerman DPA, Paire mengatakan dirinya positif corona dalam dua kali tes selama di Hamburg, lalu mendapat hasil negatif di tes berikutnya. Ia juga mengaku tak yakin akan bermain di Prancis Terbuka atau tidak. Jika tidak, ia memutuskan akan mengakhiri musim tenis ini lebih awal.

ATP dan panitia turnamen membela keputusan dalam mengizinkan Paire bermain, sebagaimana dilaporkan AP. Asosiasi Tenis Profesional menyebut sang pemain bisa berpartisipasi karena memenuhi peraturan kesehatan lokal dan protokol ATP setelah melakukan analisis medis.

"Menurut dokter turnamen Dr. Volker Carrero, tak lazim jika tiga minggu setelah hasil positif, fragmen virus masih tersisa di dalam tubuh," tulis pernyataan panita Hamburg Terbuka.

"Paire tak menunjukkan gejala apa pun dan tak menular. Otoritas kesehatan lokal di Hamburg membuat keputusan pada Sabtu kemarin bahwa Paire diizinkan bermain."

Di babak 32 besar Jerman Terbuka, Daniil Medvedev juga tersingkir. Sementara Stefanos Tsitsipas dan Roberto Bautista Agut meluncur ke babak selanjutnya.