Mengenal Cheah Soon Kit, 'Penghancur' Indonesia demi Piala Thomas Pertama Malaysia

Kamis, 24 September 2020 16:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Osman Adnan/NST
Mantan pebulutangkis Malaysia, Cheah Soon Kit. Copyright: © Osman Adnan/NST
Mantan pebulutangkis Malaysia, Cheah Soon Kit.

INDOSPORT.COM – Cheah Soon Kit dianggap sebagai pahlawan bulutangkis bagi Malaysia. Dia pernah menghancurkan dominasi Indonesia demi mempersembahkan Piala Thomas pertama untuk negaranya.

Cheah Soon Kit mengawali kariernya sebagai pemain tunggal putra. Namanya mulai naik daun, setelah dia memenangkan hampir setiap gelar junior di setiap kelompok umur.

Namun, saat masuk timnas Malaysia, namanya tergeser oleh para pemain senior yang punya segudang prestasi. Sebut saja Misbun Sidek, Rashid Sidek, dan Foo Kok Keong.

Dia pun memutuskan bermain sebagai pemain ganda, di mana sektor ini malah membuat namanya bakal selalu dikenang dalam sejarah bulutangkis Negeri Jiran.

Soon Kit menjadi bagian dari tim Malaysia yang bertekad membawa pulang Piala Thomas setelah dua dekade lebih selalu gagal mendapatkannya. Dia pun jadi bagian penting tim Malaysia dari akhir 1980-an hingga 1990-an, ketika tim mencapai lima final Piala Thomas dalam enam edisi.

Di antara kelima kesempatan tersebut, satu-satunya final yang paling berkesan dalam hidupnya adalah saat Malaysia memenangkan gelar di tahun 1992, ketika Piala Thomas digelar di Kuala Lumpur.

Bermitra dengan Soo Beng Kiang, Cheah Soon Kit mampu membawa tim melewati detik-detik menegangkan saat menghadapi perlawanan keras dari wakil Indonesia, Rexy Mainaky/Ricky Subagja.

Pasangan Cheah Soon Kit/Soo Beng Kiang pun mempersembahkan poin krusial dalam kemenangan 3-2 atas Indonesia. Ini memastikan Malaysia meraih gelar Piala Thomas pertama mereka dalam 25 tahun.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%