Soal World Tour Finals, 2 Pebulutangkis Malaysia Berharap BWF Berubah Pikiran

Selasa, 29 September 2020 12:26 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Shevon Lai Jemie (depan), pebulutangkis asal Malaysia. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Shevon Lai Jemie (depan), pebulutangkis asal Malaysia.

INDOSPORT.COM – Dua pebulutangkis Malaysia, Shevon Lai Jemie dan Lai Pei Jing berharap Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) berubah pikiran terkait peraturan siapa aja yang bisa lolos ke turnamen World Tour Finals.

Hingga saat ini terdapat empat turnamen yang masih tersisa yakni Denmark Open, dan seri Asia mulai dari Asia Open I, Asia Open II dan BWF World Tour Finals yang digelar di Thailand pada awal tahun 2021.

BWF sendiri memiliki aturan bahwa hanya kompetisi World Tour Finals hanya bisa diikuti oleh atlet yang berpartisipasi dalam Denmark Open dan Asia Open. Tentunya syarat yang ditentukan oleh BWF menuai protes dari sejumlah pebulutangkis terutama yang berasa dari negara Asia.

Pasalnya, banyak pebulutangkis Asia yang memutuskan mundur dari Denmark Open, karena memprioritaskan kesehatan dan keselamatan selama pandemi virus corona. Sehingga para pemain Asia tak akan bisa mengikuti ajang BWF World Tour Finals.

Keputusan ini membuat Shevon Lai Jemie dan Lai Pei Jing berharap BWF bisa berubah pikiran, agar para pemain Asia agar bisa tetap tampil di turnamen bergengsi tersebut.

“Saya masih berharap BWF bisa berubah pikiran mengenai syarat tersebut. Ini bukan karena kita sengaja tak mengikuti kompetisi di Eropa. Ini rasanya tak adil karena itu sepenuhnya keputusan pemain untuk ikut atau tidak karena menyangkut kesehatan kita,” kata Shevon Lai Jemie.

“Pandemi ini bisa berdampak besar bagi karier kita. Meski demikian, saya yakin BWF sedang mencoba mencari jalan keluar dengan cara terbaik,” tambahnya, dilansir dari laman The Star.

Komentar senada juga dilontarkan oleh Lai Pei Jing, yang juga berharap federasi tertinggi bulutangkis itu berubah pikiran, sehingga bisa memberikan peluang bagi para pemain Asia untuk memperebutkan tiket World Tour Finals.

Namun jika BWF bersikeras dan tak mau berubah pikiran, maka turnamen World Tour Finals bisa tak semeriah musim sebelumnya lantaran beberapa pebulutangkis bintang asal Indonesia dan China yang langganan membuat acara semakin menarik akan absen dalam kompetisi tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%