Agar Wakil Malaysia Lebih Bisa Bersaing, Pelatih Indonesia Lakukan Ini

Jumat, 30 Oktober 2020 15:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Instagram/paulusfirman
Demi anak asuhnya lebih bersaing, pelatih asal Indonesia, Paulus Firman menambah variasi latihan pasangan ganda campuran Malaysia. Copyright: © Instagram/paulusfirman
Demi anak asuhnya lebih bersaing, pelatih asal Indonesia, Paulus Firman menambah variasi latihan pasangan ganda campuran Malaysia.

INDOSPORT.COM - Demi anak asuhnya lebih bersaing, pelatih asal Indonesia, Paulus Firman menambah variasi latihan pasangan ganda campuran Malaysia.

Mendapat mandat sebagai pelatih ganda campuran Malaysia, pelatih asal Indonesia Paulus Firman mengakui bahwa target utamanya di tahun 2021 adalah membawa wakil Negeri Jiran lolos ke Olimpiade Tokyo tahun 2021.

“Saya telah menetapkan tujuan jangka pendek dan panjang untuk para pemain. Akhirnya, kami ingin pasangan kami lolos ke Olimpiade," ujar Paulus Firman dikutip dari media The Star.

Saat ini diketahui ada dua pasangan ganda campuran Malaysia yang sedang berusaha untuk lolos ke Olimpiade Tokyo, dimana dua pasangan itu adalah Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie.

Kendati memprioritaskan Olimpiade Tokyo pada tahun 2021 mendatang, pelatih asal Indonesia Paulus Firman mengakui bahwa dirinya tetap mengakui bahwa bulan Januari akan menjadi sangat penting karena ada turnamen seri Asia yang digelar di Bangkok, Thailand saat itu.

“Bulan pertama tahun depan juga penting. Tidak mudah untuk membuat pemain mencapai performa terbaiknya setelah istirahat panjang, tetapi bulan Januari akan menjadi ujian nyata bagi mereka," lanjutnya.

Diketahui akan ada tiga turnamen penting di tahun 2021, dimulai dari Asia Open I pada 12 - 17 Januari, kemudian Asia Open II pada 19 - 24 Januari dan yang terakhir BWF World Tour Finals pada 23 - 31 Januari.

Untuk sementara ini, pelatih asal Indonesia Paulus Firman mengaku tengah memfokuskan pelatihan pada setiap individu pemain ganda campuran Malaysia dan masih belum bisa memastikan siapa yang terbaik diantara mereka.

“Untuk saat ini, saya fokus pada pemain, secara individu. Yen Wei dan Soon Huat kembali berlatih setelah pulih dari cedera mereka. Saya memantau kemajuan mereka," lanjutnya.

“Saya tidak dapat menunjukkan siapa pasangan terbaik di tim berdasarkan performa saat ini, tetapi saya senang melihat peningkatan secara keseluruhan pada setiap pemain," tambahnya.

Terakhhir, Paulus Firman menyebut untuk menambah daya degor pasangan Malaysia agar lebih bisa bersaing, pelatih asal Indonesia telah melakukan variasi latihan dan sejauh ini anak asuhnya berhasil menyerap dengan sangat baik.

"Saya telah menambahkan beberapa variasi dalam permainan mereka dan mereka menyesuaikannya," pungkasnya.

Paulus Firman sendiri awalnya merupakan pelatih ganda putra Malaysia, tetapi posisinya kemudian digeser oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) ke ganda campuran.

Hal itu dikarenakan pengalaman yang dimilikinya dianggap bisa membantu pasangan ganda campuran Malaysi bisa meraih hasil terbaik, khususnya di kualifikasi Olimpiade Tokyo pada tahun 2021.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%