Corona Tak Buat Semangat PV Sindhu untuk Olimpiade Surut

Sabtu, 7 November 2020 10:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© VCG/VCG via Getty Images
Pusarla V. Sindhu, tunggal putri bulutangkis India Copyright: © VCG/VCG via Getty Images
Pusarla V. Sindhu, tunggal putri bulutangkis India

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal India, PV Sindhu, yang belakangan menggegerkan para penggemarnya karena dikira akan pensiun, menyatakan dia siap berkompetisi di turnamen yang akan datang, khususnya Olimpiade.

Pandemi virus corona sudah membuat aktivitas PV Sindhu berubah secara drastis. Di tahun-tahun sebelumnya, dia sangat aktif mengikuti berbagai turnamen bulutangkis sepanjang musim yang di saat yang sama juga dituntut agar selalu menjaga kebugaran.

Namun kini dengan BWF menangguhkan sejumlah turnamen 2020, dan lockdown nasional yang berlaku sejak bulan Maret akibat merebaknya pandemi Covid-19, dia praktis hanya berlatih dan berlatih tanpa berkompetisi.

Memasuki tahun 2021, BWF akan mengawalinya dengan Tur Asia dan BWF World Tour Finals pada Januari yang dilanjutkan dengan beberapa kompetisi besar seperti Piala Sudirman, Thomas dan Uber Cup, Kejuaraan Dunia dan Olimpiade Tokyo.

Dalam wawancara eksklusif dengan IANS, yang dilansir dari Onmanorama, Sindhu berbicara tentang bagaimana dia menjalani latihan di tengah lockdown COVID-19.

“Saya mencoba untuk tetap aktif dengan berolahraga di rumah dan itu sangat membantu saya. Saya juga menghabiskan banyak waktu dengan keluarga saya dan mengambil beberapa hobi seperti melukis,” kata Sindhu.

“Dengan semua yang telah terjadi di seluruh dunia, terbukti bahwa Olimpiade Tokyo akan ditunda dan saya sudah mulai mempersiapkan mental,” lanjutnya.

“Saya telah mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk bertanding di tahun 2021. Kami tidak muluk-muluk karena ini pandemi global, oleh karena itu setiap atlet mengalami hal yang sama dan kami semua harus beradaptasi, berlatih, dan memberikan yang terbaik menuju Tokyo,” jelas Sindhu.

PV Sindhu, yang merupakan juara dunia 2019 ini memutuskan menarik diri dari Denmark Open 2020. Sebelumnya, dia sudah bersiap tampil di Piala Uber, namun turnamen ini akhirnya ditunda.

Sindhu pun tampaknya mulai lelah dengan kondisi pandemi saat ini, sehingga membuat dia akhirnya menyatakan “pensiun”, atau ingin mengakhiri kegalauan untuk kembali bersemangat ke turnamen berikutnya.

Sebelum ke Olimmpiade, tunggal putri peraih medali perak Olimpiade ini lebih dulu memfokuskan dirinya tampil di leg Asia yang merupakan bagian dari Tur Dunia BWF. Leg Asia ini akan berlangsung di Bangkok pada bulan Januari 2021.