Media China Masih Belum Bisa Melupakan Peristiwa Kartu Hitam Olimpiade London 2012

Senin, 9 November 2020 18:25 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Michael Regan/Getty Images
Media China, Sports Sina, masih belum bisa melupakan peristiwa kartu hitam yang menimpa pasangan ganda putrinya di gelaran Olimpiade London 2012. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Media China, Sports Sina, masih belum bisa melupakan peristiwa kartu hitam yang menimpa pasangan ganda putrinya di gelaran Olimpiade London 2012.

INDOSPORT.COM - Media China, Sports Sina, masih belum bisa melupakan peristiwa kartu hitam yang menimpa pasangan ganda putrinya di gelaran Olimpiade London 2012.

Pada Olimpiade London 2012 terdapat insiden kartu hitam yang melibatkan pasangan ganda putri China yakni Yu Yang/Wang Xiaoli, dimana mereka dituding sengaja kalah dari pasangan Korea Selatan, Jung Kyung-eun/Kim Ha-na.

Pada pertandingan kontra pasangan Korea Selatan, pasangan Yu Yang/Wang Xiaoli disebut sengaja mengalah untuk menghindari pertemuan dini dengan rekan sesama China yakni Tian Qing/Zhao Yunlei agar mereka bisa bertemu di partai final.

Kekalahan ini pun akhirnya memicu kecurigaan dari pihak panitia Olimpiade yang memutuskan untuk melakukan pengusutan dan dari pengusutan itu diambil suatu kesimpulan bahwa pasangan China Yu Yang/Wang Xiaoli memang sengaja mengalah dari pasangan Korea Selatan di penyisihan grup Olimpiade London 2012.

Akibatnya, pasangan ganda putri China Yu Yang/Wang Xiaoli diberi kartu hitam dan didiskualifikasi dari Olimpiade London 2012 yang sekaligus mencoreng nama bulutangkis Negeri Tirai Bambu.

Peristiwa itu pun ternyata masih belum bisa dilupakan oleh media China yang menyebut bahwa insiden kartu hitam yang diterima oleh pasangan Yu Yang/Wang Xiaoli adalah sesuatu yang tidak dapat dilupakan.
                                           
Meskipun pada Olimpiade London 2012, tim bulutangkis China berhasil meraih hasil memuaskan dengan menyabet lima medali emas di lima nomor pertandingan, namun peristiwa kartu hitam tetap tidak bisa dilupakan.

Apalagi ketika pasangan Zhao Yunlei/Tiang Qing berhasil meraih medali emas di Olimpiade London 2012 tetapi banyak stigma negatif yang dilayangkan ke mereka, tentunya membuat sektor ganda putri China menjadi tidak baik namanya.

Kendati demikian, apa yang sudah terjadi di Olimpiade London 2012 diharapkan oleh media China bisa memberikan pelajaran bagi setiap wakilnya untuk lebih bersikap fairplay dalam setiap pertandingan yang diikuti.