Jika Tak Pensiun di Usia 37, Lin Dan Disebut Bakal Menyesal

Senin, 30 November 2020 20:23 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Legenda tunggal putra China yakni Lin Dan disebut bakal menyesal apabila tidak memutuskan pensiun di usianya yang menginjak 37 tahun, kenapa? Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Legenda tunggal putra China yakni Lin Dan disebut bakal menyesal apabila tidak memutuskan pensiun di usianya yang menginjak 37 tahun, kenapa?

INDOSPORT.COM - Legenda tunggal putra China yakni Lin Dan disebut bakal menyesal apabila tidak memutuskan pensiun di usianya yang menginjak 37 tahun, kenapa?

Pada 4 Juli 2020 lalu, eks pebulutangkis Lin Dan diketahui memutuskan pensiun alias mundur dari dunia bulutangkis yang sudah membesarkan namanya.

Lin Dan memutuskan pensiun dan menyerah dalam perjuangannya merebut tiket penampilan kelima di Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang.

Menurut media China, Sports Sina, keputusan Lin Dan pensiun di usianya yang ke-37 adalah keputusan yang tepat, karena di usia itulah menjadi waktu yang tepat bagi suami Xie Xingfang.

Setelah kegagalan dari pasangan Xie Xingfang di Olimpiade Athena 2004 dimana ia tersingkir di babak awal, namun Lin Dan kemudian berhasil membalikkan keadaannya dan menjadi sangat sukses.

Namun media China berujar meskipun Lin Dan berusaha menghindari takdir, namun ia tetap tidak bisa menghindarinya. Meskipun kemampuannya masih sangat baik, nyatanya suami Xie Xingfang sudah lemah dari segi fisik akibat pertambahan usia.

Terlebih lagi bagi media China, selepas Olimpiade Tokyo ditunda ke tahun 2021 dan rival abadinya, Lee Chong Wei sudah memutuskan pensiun di tahun 2019, Lin Dan seolah sudah tak punya alasan lagi untuk bertahan lebih lama di dunia bulutangkis profesional.

Meskipun harus menerima takdir dan kenyataan bahwa akhirnya harus pensiun di usia yang ke-37 tahun, namun media China berujar bahwa ini merupakan saat yang tepat bagi Lin Dan sebelum ia menyesal lebih jauh.

Walaupun tak berhasil meraih tiket penampilan kelimanya di panggung Olimpiade, Lin Dan nyatanya sudah membuktikan kepada dunia bahwa apa yang dicapainya sangat sulit untuk disamai oleh pebulutangkis manapun.