Beda Misi Praveen Jordan/Melati Daeva dan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja di Thailand

Selasa, 1 Desember 2020 15:21 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© badmintonindonesia.org
Melati Daeva dan Praveen Jordan di All England 2020 Copyright: © badmintonindonesia.org
Melati Daeva dan Praveen Jordan di All England 2020

INDOSPORT.COM - Empat pasangan ganda campuran nasional tengah disiapkan untuk mengikuti dua turnamen Thailand Open yaitu pada 12-17 Januari dan 19-24 Januari 2021. Lalu para pemain yang lolos ke World Tour Finals akan bertanding pada 27-31 Januari di Bangkok.

Hingga saat ini, baru pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang sudah pasti lolos ke World Tour Finals. Namun, posisi mereka juga belum sepenuhnya aman.

BWF World Tour Finals hanya bisa diikuti delapan pemain atau pasangan terbaik dari masing-masing nomor, hasil ikut turnamen BWF World Tour selama satu musim.

Hafiz/Gloria saat ini berada di posisi ketujuh klasemen dengan poin 21.190. Poin ini masih mungkin dilewati para pemain di luar delapan besar jika mereka tidak bisa meraih hasil bagus di Thailand.

"Hafiz/Gloria fokus utamanya sekarang memang ke World Tour Finals. Mereka harus masuk ke turnamen itu," kata Richard Mainaky, pelatih kepala ganda campuran.

Sementara itu, pasangan terbaik Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, saat ini berada di urutan ke-13 ranking World Tour Finals dengan 19.260 poin.

Dengan dua turnamen World Super 1000 di depan mata, juara All England 2020 tersebut masih punya peluang untuk lolos ke World Tour Finals.

"Untuk Praveen/Melati level targetnya sudah pasti semifinal, final, atau juara. Selain itu, target utama mereka saat ini adalah tetap bertahan di posisi empat besar ranking menuju Olimpiade," kata Richard.

"Fokus utama mereka adalah Olimpiade. Kalaupun nanti mereka gak lolos ke World Tour Finals, tidak masalah. Yang pengting kalau buat mereka adalah Olimpiade," ujar Richard lagi.

Selain dua pasangan tersebut, ganda campuran juga akan mengirimkan pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso ke Thailand.