Eks Pelatih Denmark Fans Berat Pebulutangkis yang Putuskan Pindah dari Indonesia

Selasa, 8 Desember 2020 07:47 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Martinez/Getty Images
Eks pelatih bulutangkis Denmark Steen Schleicher akui menjadi fans berat dari eks pebulutangkis yang pindah dari Indonesia yakni Tony Gunawan. Copyright: © Ronald Martinez/Getty Images
Eks pelatih bulutangkis Denmark Steen Schleicher akui menjadi fans berat dari eks pebulutangkis yang pindah dari Indonesia yakni Tony Gunawan.

INDOSPORT.COM - Eks pelatih bulutangkis Denmark Steen Schleicher akui menjadi fans berat dari eks pebulutangkis yang pindah dari Indonesia yakni Tony Gunawan.

Sebelumnya, Tony Gunawan menjadi pelopor kebangkitan olahraga tepok bulu sektor ganda putra di Indonesia hingga dikenal dunia. Berbagai prestasi seperti medali emas Olimpiade, All England, dan bahkan Juara Dunia Bulutangkis sukses dipersembahkan olehnya.

Saat itu, Tony Gunawan dipasangkan dengan Candra Wijaya dan Halim Haryanto hingga terbilang sukses persembahkan banyak gelar bergengsi. Akan tetapi, segalanya berubah ketika dirinya putuskan untuk hijrah menjadi warga negara Amerika Serikat pada 2002 silam dan meninggalkan Indonesia.

Kepada media China, aiyuke.com, eks pelatih bulutangkis Denmark Steen Schleicher mengungkapkan alasan mengapa dirinya sangat menyukai Tony Gunawan.

"Tony Gunawan merupakan salah satu pemain hebat dalam sejarah bulutangkis. Ia bisa menjadi juara tak peduli dengan siapapun ia dipasangkan," ujar Steen Schleicher.

Lebih lanjut lagi, eks pelatih Denmark Steen Schleicher menyontohkannya dengan rekan Tony Gunawan dari Amerika Serikat yakni Howard Bach yang menurutnya baru bisa meraih juara pada saat dipasangkan dengan Tony Gunawan.

Berbeda dengan Tony Gunawan, dengan siapapun ia dipasangkan baik itu dengan Howard Bach hingga Candra Wijaya sekalipun, Eks pebulutangkis Indonesia yang kini menjadi warga negara Amerika Serikat tersebut pasti selalu berhasil menjadi juara.

"Ketika Tony Gunawan dipasangkan dengan Howard Bach, ia berhasil memenangkan banyak kejuaraan. Begitu pula saat ia dipasangkan dengan Candra Wijaya, mereka meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 dan gelar juara dunia pada tahun 2005. Jelas sekali kalau dia pemain hebat," pungkasnya.

Tony Gunawan setelah tak lagi berada di Indonesia, kini menetap di Amerika Serikat dan menjadi pelatih bulutangkis di sana meskipun sempat bermain beberapa waktu.