Roger Federer Bocorkan Rencananya jika Pensiun Nanti

Kamis, 24 Desember 2020 09:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jack Thomas/Getty Images
Roger Federer melaju ke perempatfinal Australia Terbuka 2020. Copyright: © Jack Thomas/Getty Images
Roger Federer melaju ke perempatfinal Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM - Roger Federer kini tengah berada di Dubai untuk mempersiapkan diri jelang kembali berkompetisi di Australia Terbuka 2020. Federer melewati tahun 2020 tanpa satu gelar pun dan memanfaatkan waktunya untuk masa pemulihan usai dua operasi lutut.

Sudah berusia 39 tahun, dirinya sering mendapat pertanyaan tentang rencana pensiun. Baru-baru ini, ia mengungkapkan salah satu rencananya jika ia memutuskan gantung raket suatu saat, yakni ingin belajar alat musik.

“Saya ingin bermain musik lagi. Semoga waktu saya berhenti main tenis, saya punya waktu,” tuturnya dalam wawancara bersama Schweizer Illustrierte.

“Saya dulu sering main piano. Namun tentu saja saya lebih suka main sepak bola, tenis, atau bola basket,” lanjutnya.

Federer melanjutkan, dirinya kehilangan fokus dalam latihan main piano karena harus berlatih tenis. “Setiap minggu ketika kursus piano, saya harus menjelaskan kenapa saya tidak berlatih sebelumnya.”

Dalam wawancara tersebut, Federer juga berbicara soal rival abadinya, Rafael Nadal. Ia mengaku sering ngobrol dengan petenis yang sama-sama mengoleksi 20 gelar Grand Slam tersebut.

“Saya bicara banyak dengan Rafael Nadal. Soalnya kami tergabung dalam Players’ Council dan kami harus sering ngobrol: Apa yang terbaik buat dunia tenis? Bagaimana cara melakukannya?”

“Kami juga saling telepon saat Spanyol mengalami lockdown. Dia juga tanya kabar saya setelah saya menjalani operasi,” beber Federer.

Roger Federer dan Rafael Nadal akan segera bertemu lagi di turnamen Australia Terbuka 2021 yang direncanakan berlangsung mulai 8 Februari.