Absen Setahun, Bayaran Roger Federer Tetap Kangkangi Messi-Ronaldo

Jumat, 18 Desember 2020 14:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Swiss, Roger Federer, masih mampu menempatkan namanya sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia meski sudah absen selama setahun.

Roger Federer diketahui belum memainkan tenis kompetitif di sepanjang tahun 2020. Hal ini dikarenakan Federer sempat mengalami cedera lutut yang mengharuskan dirinya naik meja operasi pada Juni lalu.

Akibat operasi tersebut, Federer pun melewatkan sejumlah turnamen yang sempat ditunda akibat pandemi, termasuk AS Terbuka, Prancis Terbuka dan diakhiri ATP Finals 2020 pada November silam.

Dia juga memastikan mundur dari Australia Open 2021 mendatang karena merasa belum fit dan ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bermain di Olimpiade Tokyo.

Meski sudah absen selama hampir satu tahun penuh, Federer tetap mengantongi pemasukan yang cukup tinggi, sehingga membuat dirinya masuk dalam daftar publik figure dengan bayaran tertinggi versi Forbes.

Dilansir dari Republic World, Forbes yang merilis 10 nama selebritas tertinggi, di mana terdapat lima atlet, termasuk Federer yang berhasil merangsek ke dalam daftar tersebut.

Dua tempat teratas dalam daftar tersebut dimiliki oleh bintang reality TV Kyle Jenner dengan bayaran 590 juta dolar (Rp8,3 triliun), dan saudara iparnya Kanye West dengan bayaran 170 juta dolar atau Rp2,4 triliun.

Roger Federer, sementara itu, mampu melampui semua atlet yang ada dalam daftar tersebut, dengan mengantongibayaran 106,3 juta dolar atau Rp1,5 triliun. Bayarannya ini termasuk datang dari sejumlah sponsor, di mana salah satunya kesepakatan 10 tahun senilai 300 juta dolar (Rp4,2 triliun) dengan Uniqlo.

Nilai bayaran yang dikantongi Federer ini bahkan mampu mengungguli pemain Juventus dan pemenang Ballon d’Or lima kali, Cristiano Ronaldo, yang mendapatkan penghasilan tahun ini sebesar 105 juta dolar (Rp1,48 triliun).

Pendapatan yang diraih Ronaldo itu berasal dari gaji yang dibayaran Juventus kepadanya, yakni sekitar 65 juta dolar setiap tahun, juga dari keuntungan bisnis fesyen, parfum, serta jaringan hotel miliknya.

Lionel Messi, sementara itu hanya menduduki urutan kelima dalam daftar. Pemenang Ballon d’Or enam kali itu meraup untung dari kontrak seumur hidup dengan Adidas dan gajinya di Barcelona yang totalnya mencapai 80 juta dolar (Rp1,1 triliun).

Atlet lainnya yang masuk dalam daftar 10 selebriti dengan bayaran tertinggi termasuk mantan rekan setim Lionel Messi dan bintang Paris Saint-Germain, Neymar Jr. Striker timnas Brasil ini menduduki posisi ketujuh dengan pendapatan 95,5 juta dolar (Rp1,3 triliun).

Kemudian ada juga ikon NBA LeBron James di urutan kesembilan dalam dafta dengan kekayaan 88,2 juta dolar atau Rp1,24  triliun, yang mana ini datang dari kontraknya bersama Los Angeles Lakers, dan sponsornya sendiri dengan Nike, Beats, Walmart dan GMC.