Usai Pensiun, Segini Gaji Tetap Lin Dan Tiap Tahunnya

Kamis, 24 Desember 2020 17:58 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Usai memutuskan pensiun pada Juli 2020 lalu, media China membongkar penghasilan Lin Dan setiap tahunnya sekarang ini. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Usai memutuskan pensiun pada Juli 2020 lalu, media China membongkar penghasilan Lin Dan setiap tahunnya sekarang ini.

INDOSPORT.COM - Usai memutuskan pensiun pada Juli 2020 lalu, media China membongkar penghasilan Lin Dan setiap tahunnya sekarang ini.

Menjadi pebulutangkis yang populer rupanya sukses mengantarkan Lin Dan meraup pundi-pundi kekayaan yang seolah tiada habisnya. Apalagi karier Super Dan di dunia Tepok Bulu bisa dikatakan cukup panjang yaitu selama 20 tahun.

Tentu saja, dalam kurun waktu selama 20 tahun itu, suami dari Xie Xingfang itu telah berhasil meraup pundi-pundi kekayaan yang nilainya pasti tak dapat dihitung jari.

Tetapi pertanyaannya, setelah mengumumkan mundur dari dunia yang membesarkan namanya pada 4 Juli 2020 lalu, hal yang menjadi pertanyaan saat ini berapakah penghasilan dari Lin Dan setelah tak lagi menjadi atlet bulutangkis?

Dilaporkan oleh media China, Sports Sina, Lin Dan merupakan atlet militer yang dipromosikan menjadi kader sipil tingkat 5 pada tahun 2008, dan pada tahun 2011 ia dipromosikan menjadi wakil direktur Pusat Pelatihan Olahraga dari Departemen Politik Daerah Militer Nanjing (kader sipil tingkat 7).

Pada tahun 2012 suami Xie Xingfang dipromosikan menjadi wakil kapten dari Brigade Industri Olahraga di Wilayah Militer Nanjing. (Setingkat Letnan Kolonel), ini berarti Lin Dan bisa menikmati fasilitas sebagai Letnan Kolonel delapan tahun lalu.

Tetapi setelah ia pensiun, Lin Dan  dipindahkan ke Biro Olahraga Beijing sebagai atlet bukan sebagai kader pensiunan, sehingga Super Dan tidak punya level atau posisi apapun pada administrasi Biro Olahraga Beijing.

Disebutkan oleh media China, tanpa adanya level iu artinya ayah Lin Xiaoyu ini tidak bisa menikmati gaji di level manapun, dan situasi ini berbanding terbalik ketika ia menerima gaji bulanan sebesar 15 ribu Yuan atau setara Rp32 juta per bulannya.

Gaji yang diperoleh Lin Dan dari Biro Olahraga Beijing itu tidak jauh berbeda dengan gaji staf biasa, dengan gaji tahunan yang mencapai 150 ribu Yuan (setara Rp326 juta) hingga 200 ribu Yuan (setara Rp434 juta) per tahunnya.

Tetapi Lin Dan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara komersial supaya bisa mendapat penghasilan tambahan. Dengan gaji yang sebesar itu, media China percaya suami Xie Xingfang tidak akan keberatan.

Sebab, gaji yang didapat Lin Dan dari sponsor dan kecemerlangan kariernya di bulutangkis sudah sangat cukup membuat menjadi sangat kaya raya, maka tak heran jika kini ia memilih mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan bulutangkis China.