Gagal Total di Olimpiade Sebagai Pebulutangkis, Ini Ungkapan Perasaan Pelatih Berprestasi Malaysia

Jumat, 25 Desember 2020 19:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© bharian.com.my/NSTP
Pelatih berprestasi Malaysia, Chin Eei Hui ungkap perasaannya ketika gagal total di Olimpiade pada saat masih aktif bermain sebagai pebulutangkis. Copyright: © bharian.com.my/NSTP
Pelatih berprestasi Malaysia, Chin Eei Hui ungkap perasaannya ketika gagal total di Olimpiade pada saat masih aktif bermain sebagai pebulutangkis.

INDOSPORT.COM - Pelatih berprestasi Malaysia, Chin Eei Hui ungkap perasaannya ketika gagal total di Olimpiade pada saat masih aktif bermain sebagai pebulutangkis.

Sebelum dinobatkan sebagai pelatih berprestasi Malaysia pada tahun 2016, Chin Eei Hui pernah memiliki karier yang fantastis sebagai pebulutangkis ketika ia berpasangan dengan Wong Pei Tty di ganda putri.

Pasangan Chin/Wong yang pernah menempati peringkat 1 dunia di tahun 2009 diketahui pernah lolos di dua edisi Olimpiade di tahun 2004 dan 2008 tetapi mereka ganda putri Malaysia itu gagal memberikan yang terbaik.

Diawali dari Olimpiade Athena 2004 dimana pasangan Malaysia Chin Eei Hui/Wong Pei Tty gagal memenuhi ekpetasi dan sudah tersingkir di babak kedua.

Pasangan legendaris ganda putri Malaysia mendadak memiliki peruntungan berbeda usai meraih medali emas di Commonwealth Games 2006 dan kemudian lolos ke Olimpiade Beijing.

Namun lagi-lagi, perjuangan Chin Eei Hui bersama Wong Pei Tty di Olimpiade Beijing juga berhasil dengan minor, tetapi ia mengatakan bahwa dirinya bersama rekannya sudah berusaha tampil maksimal dulu.

“Ada ekspektasi yang lebih besar di Beijing, tetapi sayangnya kami tidak lolos pada babak awal. Standar permainan kami dengan yang terbaik di dunia lebih dekat dan kami tahu, kami memberikan pertarungan yang lebih baik," ujar Chin Eei Hui dikutip dari media The Star.

Tetapi siapa sangka walaupun gagal total di panggung Olimpiade, pasangan legendaris Malaysia itu berhasil menunjukkan keperkasaannya di gelaran BWF World Super Series Finals dimana mereka meraih dua gelar secara berturut-turut di tahun 2008 dan 2009.

Bahkan pelatih berprestasi Malaysia itu juga pernah Eei Hui juga menunjukkan kehebatannya di ganda campuran ketika dia mengantongi emas bersama Koo Kien Keat di New Delhi Commonwealth Games 2010.

Walaupun hampir lolos ke Olimpiade London 2012, pasangan Malaysia Chin Eei Hui/Wong Pei Tty rupanya harus menelan pil pahit setelah mereka hanya masuk sebagai cadangan pertama di 16 konstentas ganda putri.

Akhirnya, setelah gagal lolos ke Olimpiade London, Chin Eei Hui mulai merabah bidang kepelatihan dan kemudian di akhir tahun 2013, ia dipromosikan untuk menjadi pelatih ganda campuran Malaysia dan berhasil membawa pasangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying meraih medali perak di Olimpiade Rio 2016.